Sukabumi Update

Progres Tol Bocimi Seksi 2: Interchange di Parungkuda, Sekda Bahas Macet di Cibadak

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan progres konstruksi Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sudah mencapai sekitar 87 persen.

Pengerjaan Tol Bocimi Seksi 2 sepanjang 11,9 kilometer tersebut ditargetkan rampung pada akhir Desember 2022 dengan interchange atau pintu keluar tol di wilayah Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

"Berdasarkan rakor di kantor staf presiden, tahun ini mudah-mudahan ke Parungkuda itu selesai. Progresnya kalau fisik sekitar 87 persen. Kalau keuangan tinggal sedikit lagi. Kemarin ada kendala, ada aset PJKA yang di sana itu 10 bangunan liar yang harus diselesaikan. Tapi targetnya tahun ini selesai," kata Ade kepada sukabumiupdate.com, Senin, 24 Oktober 2022.

"Kapasitas Pemkab membantu mereka (pelaksana pembangunan tol) ketika ada kendala-kendala, terutama dalam upaya pembebasan (lahan). Nah itu ada kaitannya dengan pemerintah daerah. Apa saja kita akan bantu," tambah dia.

Menurut Ade, pihaknya menyambut baik pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 karena Kabupaten Sukabumi sangat membutuhkan jalan tol untuk mengurai kemacetan kendaraan di sepanjang ruas Jalan Nasional Sukabumi-Bogor.

"Sekarang masyarakat merasakan kalau mau ke Jakarta itu terhambat macet. Dengan adanya tol, pasti akan terbantu. Bukan hanya itu, perekonomian juga pasti terbantu," kata Ade.

Ade berharap pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 bisa di Cibadak. Sebab jika di Parungkuda, kata dia, kemacetan panjang masih akan terjadi.

"Yang akan kita hadapi terutama di Cibadak. Oleh karena itu kemarin kita sampaikan, kita menginginkan lewat saja Cibadaknya. Kalau lewat Cibadak terutama pasar dan ada pabrik di sana, kita mungkin posisinya aman. Tetapi kalau posisinya masih di sana, itu masih macet, tidak ada jalan alternatif, itu yang kita harapkan secepatnya pusat memperhatikan itu," ujar Ade.

Diketahui, Tol Bocimi memiliki panjang 54 kilometer. Rinciannya, Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,35 kilometer) dan sudah beroperasi Desember 2018. Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 kilometer) sedang dikerjakan. Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 kilometer). Terakhir, Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 kilometer).

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI