Sukabumi Update

Irigasi Ambruk di Curugkembar Sukabumi, Distan: Masih Pemeliharaan

SUKABUMIUPDATE.com - Bangunan saluran irigasi di Kampung Tegaljaya, Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, ambruk pada Sabtu, 22 Oktober 2022. 

Irigasi tersebut untuk mengalirkan air dari bendungan Cipongpok ke sawah blok Gapoktan Gelar Harapan di Desa Cimenteng.  Pembangunan irigasi tersebut merupakan program Dinas Pertanian (Distan)Kabupaten Sukabumi dengan anggaran APBD Kabupaten Sukabumi sebesar Rp 184 juta. 

Pelaksanaan pembangunan dilakukan CV. Fahzira, sebagai pihak ketiga. 

Kepala Desa Cimenteng, Herry Sobar Winara mengatakan pembangunan saluran irigasi tersebut rampung sekitar bulan Juni -Juli 2022. Dibangunnnya irigasi untuk mendukung distribusi air ke pesawahan seluas 20 hektar. 

Menurut dia, ambruknya saluran irigasi tersebut terjadi setelah air dibuka. Tembok saluran air jebol sepanjang 50 meter.

"Itu pondasi temboknya juga jebol, sehingga ambruk," kata Herry, kepada sukabumiupdate,com, Kamis (27/10/2022).

Kepala UPTD Pertanian Wilayah Sagaranten, Nourma Syahidawati membenarkan adanya saluran irigasi yang jebol. Menurut dia, hal itu terjadi akibat hujan yang yang mengguyur. 

Dia menyatakan pihak pelaksana pembangunan akan memperbaikinya. “Alhamdulillah masih ada pemeliharaan. Jadi sama CV, mau ditindaklanjuti  hari ini," pungkasnya.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI