Sukabumi Update

2019 Dibangun Kemenko Maritim, Jalan Akses Antar Desa di Sukabumi Kini Amblas

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan penghubung Desa Mekarjaya dan Cikarang, di Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, amblas. Ini adalah jalan pembuka akses antara desa yang sempat terisolir, dibangun oleh Kemenko Maritim pada 2019 silam.


Titik amblas terjadi di Kampung Cigulusur, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog.  "Ini akses yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Cidolog. Dari Desa Mekarjaya, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, tembus ke Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap," kata Dede (40 tahun) warga Cidolog kepada Sukabumiupdate.com, Sabtu (298/10/2022).


Sebagai informasi pembangunan jalan Mekarjaya - Cikarang tersebut merupakan program pembuka akses antar desa dari Kemenko Kemaritiman pada tahun 2019. Panjang jalan kurang lebih 7 kilometer, lebar jalan 3,5 meter. 


"Sekarang kondisi jalannya rusak parah, banyak kubangan, aspal tergerus," terang Dede.


Tagana Kecamatan Cidolog, Fikri Hamdalah menambahkan bahwa jalan amblas di Kampung Cigulusur terjadi secara terus menerus. "Kurang lebih sudah satu tahun, mengalami amblas. Awalnya kecil, lalu meluas. Kini sudah amblas dengan tinggi  1,5 meter dengan panjang 7 meteran," ujarnya.


"Untuk kendaraan roda dua masih bisa lewat, namun untuk kendaraan roda empat tidak bisa. Kontur tanah memang  labil, ditambah  tergerus air," ungkapnya.


Dihubungi terpisah, Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten, Dedi Junaedi mengatakan jalan yang amblas tersebut akan segera ditangani. "Rencana akan dipasang bronjong," pungkasnya singkat.


#SHOWRELATEBERITA 


Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI