Sukabumi Update

Ditanam Enam Tahun Lalu, Bunga Suweg Tumbuh Depan Masjid di Cicurug Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga Suweg (Amorphophallus paeoniifolius) tumbuh di depan Masjid Al-Mubarokah, Kampung Nyangkowek Tengah RT 03/07 Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Kerabat bunga bangkai ini tak sengaja ditanam warga bernama H Mamin Ahmad.

H Mamin mengatakan bunga ini termasuk langka lantaran dalam lima tahun belum tentu berbunga dan biasanya akan menjadi batang pohon yang menghasilkan umbi. H Mamin sendiri mengaku tak sengaja menanam bunga Suweg tersebut enam tahun lalu saat dia menanam umbi di sekitar masjid.

"Selang enam tahun, bunga bangkai itu tumbuh walaupun belum mekar. Menurut kebanyakan, bunga ini jenis suweg, walaupun saya menyebutnya bunga bangkai," kata dia, Sabtu, 29 Oktober 2022.

H Mamin menyebut sementara ini bunga suweg yang ditanamnya tidak mengeluarkan bau karena belum mekar. Diketahui, bau bangkai berfungsi memikat lalat dan kumbang untuk berkontribusi dalam proses penyerbukan.

Menurut H Mamin, bunga suweg bisa tumbuh hingga ukuran yang cukup besar. Sepengetahuannya, tinggi bunga suweg ada yang mencapai lebih dari satu meter. Dia mengatakan tak ada perawatan khusus terhadap bunga ini.

"Tak ada perawatan khusus, hanya diberi pagar agar tak disentuh orang. Mudah-mudahan bisa tumbuh lama dan semakin besar," ujar dia.

H Mamin mengatakan tanaman ini menghasilkan umbi dan bermanfaat sebagai bahan pangan alternatif, meski dia sendiri belum pernah mengonsumsi umbi dari bunga miliknya.

Reporter: Ibnu/Magang

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI