Sukabumi Update

Gempa Magnitudo 4,7 di Sukabumi, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo mengguncang Sukabumi, Senin (31/10/2022) pukul 10.05 WIB. Guncangan gempa tak hanya dirasakan di Sukabumi, namun hingga daerah lain di Jawa Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani menyatakan hingga pukul 12.00 WIB, belum menerima laporan terkait kerusaka. Kendati demikian, hingga kini petugas BPBD masih melakukan monitoring di 7 kecamatan di Kota Sukabumi.

"Kami tetap waspada memonitoring wilayah, ada dua tim yang sedang di lapangan. Semoga tidak ada dampak kerusakan," ujarnya. 

BPBD mengingatkan masyarakat agar siap siaga lantaran 7 kecamatan di Kota Sukabumi itu berada di atas patahan sesar Cimandiri. 

"Betul di bawah kaki kita ini terdapat patahan sesar Cimandiri, termasuk sesar aktif perlu kesiapsiagaan masyarakat, bagaimana mengevakuasi diri jika gempa sesar terjadi," kata Imran. 

Hal senada diungkapkan Subkor Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim. Menurut dia, "Untuk saat ini belum ada laporan dampak dari gempa," ujarnya.

BMKG menyatakan gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo di Sukabumi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. BMKG menyebut, gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Gempa yang terjadi Senin (31/10/2022) pukul 10.05 WIB terletak pada koordinat 7.7 LS dan 106.88 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 87 km Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 20 km.

#SHOWRELATEBERITA 


Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI