Sukabumi Update

Disdik Laksanakan ANBK untuk Siswa SD di Sukabumi, Hal Ini yang Dinilai

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diikuti siswa kelas V SD se-Kabupaten Sukabumi.

Sekretaris Disdik Kabupaten Sukabumi, Khusyairin, mengatakan pelaksanaan ANBK dilaksanakan dalam empat gelombang. 

Gelombang satu 24 dan 25 Oktober 2022, gelombang dua 26 dan 27 Oktober 2022, gelombang tiga 31 Oktober 2022 dan 1 November 2022, dan gelombang empat pada 2 dan 3 November 2022.

"ANBK adalah program nasional dari Kemendikbudristek. Tujuannya untuk memotret keadaan sekolah dari sisi literasi dan numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar siswa," katanya, Selasa (1/11/2022).

Menurut Khusyairin, hasil ANBK selanjutnya digunakan untuk memetakan bagaimana pembelajaran yang tepat di sekolah dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa dalam mencapai kebahagiaan.

Yang mengikuti ANBK SD adalah kelas V dengan tujuan agar siswa kelas V yang selanjutnya kelas VI, akan memenuhi harapan literasi, numerasi, dan karakter siswa, dan bisa diperbaiki jika ada kekurangan yang dihasilkan dari ANBK.

"Dilaksanakannya dua hari. Hari pertama literasi dan survei karakter siswa, hari kedua numerasi dan survei lingkungan belajar siswa," ujar Khusyairin.

"Jumlah peserta maksimal 30 orang setiap sekolah. Jika jumlah siswa kelas V di bawah 30 orang, maka peserta ANBK cukup seadanya," tambah dia.

(Advertorial)

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI