Sukabumi Update

Bappelitbangda Sukabumi: Penelitian untuk Kualitas Perencanaan Pembangunan

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri membuka acara Workshop Hasil Penelitian dan Pengembangan Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Rabu (2/11/2022).  Kegiatan ini diselenggarakan Bappelitbangda.

Workshop di Hotel Augusta Cikukulu itu berlangsung selama dua hari mulai tanggal 2 - 3 November 2022 dan diikuti oleh 100 peserta terdiri dari 50  peserta tatap muka dan 50 peserta mengikuti secara daring. 

Kepala Bappelitbangda, Asep Abdul Wasit mengungkapkan penelitian dan pengembangan secara substantif yang dilakukan melalui metode berpikir ilmiah tentu saja sangat diperlukan dalam proses perencanaan pembangunan.

“Tentu tujuannya adalah perencanaan kedepan akan lebih berkualitas lagi, referensi perencanaan pembangunan sampai dengan hari ini, kita masih menggunakan sistem pembangunan nasional,” jelasnya.

Iyos dalam amanatnya menyatakan keikutsertaan institusi dan unsur-unsur terkait sangat berarti guna meningkatkan tata-kelola pemerintahan yang lebih baik yang tentu diawali dari proses perencanaan pembangunan.

"Workshop ini perlu guna meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi serta menyelaraskan gerak langkah kita dalam menindaklanjuti pembangunan," ungkapnya. 

Di sisi lain, lanjut Iyos, adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk di dalamnya penyebarluasan hasil penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dokumen perencanaan daerah. 

"Mengingat pentingnya kedudukan penelitian dan pengembangan dalam proses perencanaan pembangunan yang didukung dengan penerapan SPBE, maka diharapkan akan memunculkan berbagai inovasi daerah dalam pelayanan publik sehingga tata-kelola pemerintahan yang baik  akan terwujud" tegasnya. 

Wabup juga mengapresiasi upaya Bappelitbangda memanfaatkan hasil LITBANG dalam perencanaan pembangunan daerah dengan membangun sistem informasi akselerasi pengembangan inovasi dan kelitbangan (SI-APIK) sebagai salah-satu inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang inovatif, profesional dan akuntabel. 

Dalam kesempatan tersebut Iyos menyerahkan Plakat dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi  kepada Kepala BP2D (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin.

#SHOWRELATEBERITA 


Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI