Sukabumi Update

Pemkot Sukabumi Bahas Tantangan Pemilu Berkualitas pada 2024

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri rapat konsolidasi stakeholder dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2024 di ruang pertemuan Hotel Sparks Odeon, Senin (7/11/2022).

Kegiatan yang digagas Bawaslu Kota Sukabumi tersebut dalam rangka mempersiapkan tahapan Pemilu dan Pilpres 2024 supaya demokratis dan berkualitas.

Hadir Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Ending Muhidin, Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami, Polres Sukabumi Kota, Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, dan SKPD Kota Sukabumi.

''Rakor ini dilakukan agar tahapan pemilu dapat dilalui dengan baik dalam menghasilkan pemilu yang demokratis dan berkualitas,'' ujar Fahmi.

Pemerintah daerah disebut ikut bertanggung jawab atas suksesnya Pemilu dan Pilpres 2024, bukan hanya tugas KPU, Bawaslu, dan aparat keamanaan.

Pemilu demokratis dan berkualitas, lanjut Fahmi, prinsipnya diperoleh dari hasil dan dari input yang baik, salah satunya dilakukan dengan digelarnya rakor. Harapannya, seluruh stakeholder memberikan input yang baik dan menjaga setiap tahapan dengan baik sehingga kualitas Pemilu akan terjaga.

Fahmi mengatakan pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu dan KPU yang menyelenggarakan rapat koordinasi agar tahapan Pemilu berkualitas dan demokratis.

Targetnya, kata Fahmi, bukan hanya angka paritispasi meningkat yang pada pemilu lalu mencapai 86 persen. Tetapi juga tidak ada ekses negatif ketika sebelum, saat, dan pasca pemilu, sehingga Kota Sukabumi tetap kondusif.

Fahmi mengatakan ada sejumlah tantangan dalam penyelenggaraan pemilu. Antara lain teknis penyelenggaraan pemilu dan transparansi tata kelola pemilu akuntabel. Semua pihak punya kontribusi besar menghadapi tantangan sehingga bisa dilewati bersama.

Misalnya terkait pemutakhiran data berkelanjutan antara KPU dan Disdukcapil. Selain itu mampu deteksi dini dari awal pemetaan meminimalisir konflik yang terjadi.

''Partisipasi pemilih dapat meningkat dibutuhkan sosialisasi dan kerja sama dari seluruh elemen,'' ujar Fahmi. Sehingga harus memassifkan edukasi dan sosialisassi demi terwujudnya pemilu berkualitas.

Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Ending muhidin mengatakan rapat koordinasi ini merupakan bagian dari mempersiapkan Pemilu 2024. Para stakeholder terkait dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Sumber: KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI