Sukabumi Update

Sambut Hari Pahlawan, Uniknya Fashion Show Mirip Soekarno di Subangjaya Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Beragam cara dilakukan untuk menyambut Hari Pahlawan 10 November 2022. Salah satunya fashion show unik Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Dalam kegiatan bertajuk "Festival Subangjaya 2022 Terima Kasih Pahlawanku", sejumlah acara yang diikuti ASN itu berlangsung meriah di Rumah Makan Rasamala, Kelurahan Subangjaya, Rabu (9/11/2022).

Ada beberapa acara yakni tebar bibit ikan, lomba fashion show, singing contest, dan lainnya. Kegiatan ini diikuti ASN dari setiap kelurahan dan pelajar di Kota Sukabumi. Turut hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami. 

Lomba fashion show menampilkan para pegawai kelurahan yang memakai busana mirip pahlawan mulai Ir Soekarno, Bung Hatta, Martha Cristina Tiahahu, Fatmawati, dan pahlawan lainnya yang berlenggak-lenggok di atas catwalk kayu di atas kolam. Sementara para pelajar yang mengikuti singing contest wajib membawakan lagu nasional dan lagu bebas.

Wakil wali Kota Andri Hamami mengapresiasi kegiatan positif yang digelar kelurahan dan warga Subangjaya. "Apresiasi luar biasa buat Kelurahan Subangjaya. Ini inovatif dari masyarakat dan karang taruna," kata Andri.

Menurut Andri, kegiatan tersebut memperingati Hari Pahlawan yang berkolaborasi dengan ASN se-kecamatan di Kota Sukabumi. "Tapi yang utamanya bagaimana kreatifitas masyarakat kampung kreatif Subangjaya memunculkan ide-ide luar biasa," ujar dia.

"Mudah-mudahan ini menjadi percontohan bagi kelurahan-kelurahan di Kota Sukabumi. Kalau kita kan lain dengan kabupaten, kabupaten ada desa kreatif, nah kita di sini (Subangjaya) kampung kreatif," imbuh Andri.

Andri menyebut kegiatan tersebut bisa menjadi event tahunan dan akan memicu pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi.

"Kampung kreatif Subangjaya sudah memunculkan ide-ide pemuda, ibu-ibunya, dan juga ekonomi kreatif. Mungkin ini bisa menjadi event tahunan, kalau kita lihat sudah cukup sangat bagus, antusias masyarakatnya juga. Ini akan memicu pertumbuhan ekonomi sehingga sejalan dengan visi misi kota, terutama dalam menciptakan masyarakat yang religi nyaman dan sejahtera. Itu juga salah satu bentuk meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Andri.

Salah satu warga Subangjaya yang dilibatkan sebagai panitia, Wiraningsih, mengatakan lomba fashion show diikuti 35 peserta dari ASN, sedangkan singing contest dikuti 20 peserta dari perwakilan pelajar dan mahasiswa. 

"Lomba ini tidak dipungut biaya. Ada juga penyebaran benih ikan dan kegiatan sosial akupuntur gratis, donor darah, dan fisioterapi," ujarnya.

Salah satu peserta dari Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Heri Purnomo (31 tahun), mengaku mendapat tugas dari pihak kecamatan sebagai perwakilan kelurahan untuk lomba fashion show. 

"Awalnya saya mendapat tugas dari kecamatan dan memerintahkan pak lurah untuk menunjuk karyawan mengikuti fashion show ini," kata Heri. 

Saat mengikuti lomba fashion show, Heri mengenakan busana mirip Ir Soekarno yang menurutnya merupakan pahlawan proklamator yang sudah berjuang melawan penjajah. 

"Saya kebetulan diberi pinjam bajunya dari pak lurah. Pakaian Dinas Upacara (PDU), ya sudah pakai baju ini saja, memeriahkan. Alhamdulillah kalau sampai jadi pemenang," kata dia.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI