Sukabumi Update

Hari Pahlawan, Ketua Komisi I DPRD Sukabumi Tanam Pohon di Leuweung Angrit

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji Nurjaman melakukan penanaman pohon di kawasan konservasi hutan adat Leuweung Angrit, Desa Cibadak, Kecamatan Pabuaran. Aksi peduli lingkungan tersebut untuk mengisi peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022).

Faoji menyatakan kegiatan tersebut diselenggarakan Karang Taruna Desa Cibadak dan diikuti Camat Pabuaran, Kapolsek Lengkong, Danramil Pabuaran, Kepala Desa Cibadak serta warga sekitar.

Atas nama DPRD Kabupaten Sukabumi dari fraksi PDI Perjuangan, Faoji menyatakan mendukung kelestarian hutan karena Leuweung Angrit merupakan sumber mata air untuk masyarakat Desa Cibadak. 

"Alhamdulilah semua sangat respon. Terutama pihak Pemdes dan Muspika," terangnya.

Ketua Karang Taruna Desa Cibadak, Ali Wahyudin menambahkan kegiatan ini juga bekerjasama dengan berbagai instansi seperti BPDAS, Dishut Jawa Barat, KCD Kehutanan III dan BPP. 

Adapun jenis tanaman yang ditanam pohon salam sebanyak  150 batang, ketapang kencana sebanyak 50 pohon, durian 5 pohon, jambu biji merah 100 pohon, sirsak 50 pohon, nangka 50 pohon. 

“Seluruh stakeholder dalam kegiatan tersebut juga bersepakat untuk bersama -sama melakukan pelestarian kawasan konservasi hutan adat Leuweung Angrit,” ujarnya.

Ali menyatakan saat ini berbagai pihak untuk berupaya memperjelas status hutan adat tersebut. Dengan legalitas, maka upaya melindungi hutan tersebut semakin kuat. 

“Pihak desa akan melakukan intervensi baik dalam bentuk aturan maupun pendanaan untuk pengelolaan hutan, berupa mempertegas batas batas hutan. Terima Kasih kepada pak anggota DPRD pak Paoji, akan menjadikan kegiatan pelestarian hutan ini kedalam kegiatan aspirasi. " jelasnya.

"Kemudian pemerintah kecamatan yang akan membantu dalam hal kejelasan status lahan hutan, Dinas Kehutanan KCD III akan melakukan pendampingan terhadap  kelompok pengelola hutan," pungkasnya.

#SHOWRELATEBERITA 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI