Sukabumi Update

Longsor Pasirdatar Indah Sukabumi, Mensos Risma Minta 3 Rumah Direlokasi

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau lokasi longsor di Kampung Cileutik RT 002/01, Desa Pasirdatar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Bencana tersebut menewaskan tiga warga pada Senin 24 Oktober 2022 lalu. 

Selain melihat lokasi bencana, Risma juga memberikan beberapa bantuan berupa modal untuk usaha warung dan uang santunan kepada korban bencana longsoran tersebut. 

Risma menyatakan rumah yang ada di sekitaran lokasi longsor untuk dipindahkan atau direlokasi.

"kita berikan santunan sama tadi saya minta ada beberapa rumah yang harus direlokasi karena kondisinya menurut saya membahayakan kalau dibangun kembali," kata Risma, Rabu (16/11/2022). 

Risma menyatakan, ada 3 rumah yang harus direlokasi. 1 diatas tebing kemudian 1 dilokasi yang tertimbun material longsor dan 1 dibawah lokasi yang tertimbun longsor. 

Menurut Risma, untuk mengantisipasi terjadinya korban akibat bencana maka perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga keselamatan. 

"Memang ini harus disosialisasikan, kondisinya saat ini curah hujan sangat tinggi. Antisipasinya harus lebih kuat supaya tidak ada korban lagi, jadi contohnya saat hujan mulai turun harus segera keluar rumah atau ke tempat yang aman," tuturnya. 

Terkait soal relokasi rumah warga, Wakil bupati Sukabumi Iyos Somantri menyatakan Pemkab bersama pemerintahan Kecamatan dan Desa setempat akan segera menanganinya. 

"Pertama kita bersyukur Alhamdulillah ibu menteri sudah datang ke sini memberikan bantuan. Kemudian yang kedua bahwa ada 3 rumah yang harus digeser, kami dengan pemerintah desa dan kecamatan segera memilah, melihat, mengecek lokasi lahan pemindahan,” ujarnya.

“Kurang lebih beliau [Menteri Risma] siap menyediakan lahan kurang lebih 300 meter untuk 3 rumah dan kami akan segera memfasilitasi itu," kata Iyos.

Iyos menyebut lokasi relokasi rumah berjarak sekitar 50 meter dari lokasi longsor. "Insya Allah kita membantu dalam pelaksanaannya," ujarnya.

#SHOWRELATEBERITA 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI