Sukabumi Update

Distan Sudah Survei, Irigasi di Tamanjaya Sukabumi Masuk Usulan Perbaikan 2023

SUKABUMIUPDATE.com - UPTD Dinas Pertanian Wilayah VI Jampangkulon melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ciemas melakukan survei ke lokasi irigasi di Blok Cilangir Kampung Cijambe, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Diketahui, saluran irigasi ini sudah lama tidak berfungsi.

Kepala BPP Kecamatan Ciemas Agus Ali Mubarok mengatakan pihaknya sudah mengecek saluran irigasi yang tidak berfungsi itu pada 4 November 2022 bersama kepala dusun dan petani. "Saluran irigasi sepanjang 125 meter dan lebar 1 meter itu dibangun sekitar lima atau enam tahun lalu, karena saya sendiri baru tiga tahun di Kecamatan Ciemas," katanya, Kamis (17/11/2022).

Agus mengatakan saluran irigisi tersebut diusulkan untuk perbaikan pada tahun 2023. "Diusulkan program Rehab Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) dengan penerima manfaat Kelompok Tani Lugina Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas," ujar dia.

Sebelumnya, petani di Blok Cilangir mengeluhkan program perluasan saluran irigasi di daerahnya yang tak berfungsi. Kondisi tersebut sudah berlangsung lama hingga membuat aktivitas bertani vakum selama lima tahun.

Semula Blok Cilangir berupa lahan pertanian sawah seluas 5 hektare dengan sumber air dari Sungai Ciletuh yang mengalir melalui selokan.

Tetapi, setelah perluasan saluran irigasi, air tidak mengalir membuat petani vakum selama lima tahun dan petani kembali beraktivitas di lahan tersebut dengan menanam padi huma dan tanaman palawija.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI