Sukabumi Update

7 Penutup Saluran Air di Kota Sukabumi Hilang, DPUTR: Harga Besi Lagi Naik

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi angkat suara soal aksi pencurian besi penutup saluran air di sejumlah jalan pedestrian di Kota Sukabumi. 

Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Kota Sukabumi Lutfi Alip mengatakan, target pelaksanaan proyek jalur pedestrian Jalan Ahmad Yani, Jalan Surya Kencana, dan Jalan R Syamsudin SH itu sampai 15 Desember 2022.

Menurut dia, material penutup saluran air atau bak kontrol itu terbuat dari besi, dimana harga besi saat ini mencapai sekitar Rp 15.000 per Kg. Dia menyatakan berat 1 besi penutup saluran tersebut sekitar 70 Kg.

"Sekarang harga besi itu lagi mahal perkilonya kalau gak salah Rp 15 ribu, yang hilang 7 X 70 Kilogram sudah 490 kilogram X 15.000, udah lumayan 7 juta lebih," kata Lutfi saat dihubungi sukabumiupdate.com, Jumat (18/11/2022). 

Menurut Lutfi, pihaknya berharap semoga kejadian tersebut tidak terulang kembali, dan kasusnya saat ini sudah ditangani pihak Kepolisian. 

"Mudah-mudahan tidak terulang lagi pencuriannya dan Alhamdulillah pihak yang berwajib sudah cepat tanggap sudah melakukan olah TKP. Informasinya sedang berusaha mencari pencurinya. Mudah-mudahan cepat ke tangkap," ungkapnya. 

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat bilamana ada orang yang mencurigakan tolong segera laporkan. 

Kapolsek Cikole AKBP Nanang Rahmat Subarna mengatakan, Polisi sejauh ini masih melakukan penyelidikan. "Belum ada perkembangan, masih penyelidikan," ujarnya. 

Untuk mencegah terjadinya lagi aksi pencurian besi penutup saluran air itu, polisi melakukan upaya pengawasan dengan cara terus-terusan berpatroli. "Upaya pengawasan selalu dilaksanakan patroli," katanya. 

Sekedar diketahui, Ada 7 besi penutup saluran air yang hilang diantaranya : 

1. Jalan Surya Kencana dekat Yayasan Yuwati Bhakti (1 November 2022)

2. Jalan Ahmad Yani dekat toko peralatan anak (3 November 2022)

3. Jalan R Syamsudin SH dekat Like Earth Coffee (5 November 2022)

4. Jalan Ahmad Yani dekat Toko Renda (13 November 2022)

5.  Jalan Ahmad Yani dekat Tiara Toserba (14 November 2022)

6.  Jalan R Syamsudin SH dekat kedai kopi Seecul (17 November 2022)

7.  Jalan Ahmad Yani simpang Cikiray (17 November 2022)

#SHOWRELATEBERITA 



Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI