Sukabumi Update

Kades Sasagaran Sukabumi Sebut Ratusan Rumah Warganya Belum Punya KWH

SUKABUMIUPDATE.com - Dari lima ribuan kepala keluarga di Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, ada sekian persen rumah warga yang belum teraliri listrik. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Sasagaran Deni Suwandi. Dia mengatakan ada 200 rumah warga yang sudah bertahun-tahun belum punya KWH meskipun jaringan listrik di desa itu sudah tersedia. 

"Hampir 200 rumah. Itu bermacam-macam (kawasannya), rata-rata profesinya petani semua. Jaringan listriknya sudah terpasang cuma mereka enggak sanggup untuk bayar pemasangan listrik baru," kata Deni usai peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Sabtu (19/11/2022). 

Deni menyebut lokasi rumah yang belum memiliki listrik atau KWH itu ada di perbatasan Desa Sasagaran dengan Desa Nyalindung dan Desa Jambenenggang.

"Sebagian warga ada yang pakai lilin untuk penerangan. Sebab ini banyak dan dana desa tidak bisa meng-cover untuk pemasangan. Mungkin dari desa bisa kita bantu satu atau dua, tapi selanjutnya saya minta tolong juga pihak terkait bisa melihat dan langsung turun ke lokasi benar atau tidaknya," katanya.

"Warga sangat mengharapkan untuk pemasangan KWH. Kemarin masyarakat juga terbantu dengan adanya 39 KWH gratis dari anggota DPR," imbuh dia.

Menanggapi kondisi ini, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Ribka Tjiptaning mengatakan ada perbedaan data dari masyarakat serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Kemarin saya 400 (KWH) dapat, tidak tahu timnya bagaimana, kok kata teman-teman di ESDM cuma 160-an (kebutuhan) dan divalidasi akhirnya 122. Nanti saya akan evaluasi juga tim ini," ujarnya. 

Menurut Ribka, kadang ada masyarakat dengan data ganda. Namun pihaknya berkomitmen agar masyarakat pra-sejahtera mendapatkan listrik gratis. 

"Di sini juga kadang-kadang kartu keluarganya itu double atau dilihat memang itu kan prioritasnya keluarga yang tidak mampu. Kita ngasih itu Rp 1 juta lebih kalau mau buat KWH. Nanti dikasih tokennya selanjutnya sesuai dengan kemampuan," kata Ribka.

Sementara itu, Humas PLN UP3 Sukabumi Duduh Dzulkifli menyatakan, berdasarkan informasi petugas PLN terdekat yakni Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sukaraja bahwa di wilayah Kecamatan Kebonpedes sudah berlistrik semua. "Infonya justru daerah Kebonpedes sudah berlistrik semua," kata Duduh.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI