Sukabumi Update

Gempa 4,2 Magnitudo di Sukabumi, BMKG: Aktivitas Sesar di Lempeng Eurasia

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (22/11/2022) malam. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tersebut berkekuatan 4,2 magnitudo itu terjadi pukul 21.54 WIB.

Pusat gempa berada di laut 133 km tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 17 km atau pada koordinat 7.93 LS dan 107.03 BT. 

BMKG menyatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif dasar laut di Lempeng Eurasia (intraplate earthquake).

Adapun dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Garut, Kota Sukabumi dan Kabupaten Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga pukul 22.34 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG.

#SHOWRELATEBERITA 


Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI