Sukabumi Update

Ratusan Warga Cianjur Korban Gempa Kini Mengungsi ke Cireunghas Sukabumi

Para pengungsi dari Cianjur tengah berkumpul di Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Korban gempa Cianjur banyak kehilangan tempat tinggal. Selain tenda pengungsian, mereka menetap sementara di lokasi yang relatif aman, salah satunya di Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Data terkini mencatat, sudah 108 jiwa penyintas bencana gempa Cianjur kini mengungsi ke rumah-rumah kerabatnya. Sekmat Cireunghas Ade Rikman mengatakan ratusan jiwa itu tersebar di dua desa, 61 jiwa di Tegalpanjang dan 47 jiwa di Cikurutug.

"Ini bisa terus bertambah, barusan informasinya di Desa Cikurutug nambah 2 jiwa lagi nanti kita terus update," kata Ade kapada sukabumiupdate.com Minggu (27/11/2022).

Menurut Ade, rata-rata korban gempa bumi yang mengungsi ke Cireunghas ini karena rumah mereka rusak sedang hingga berat. Pihak kecamatan mencatat, para pengungsi di Cireunghas ini berdatangan dari wilayah terdampak cukup parah, yaitu Cugenang dan Warungkondang.

"Iya, kebanyakan dari Cugenang dan Warungkondang, tapi dari Wilayah Kecamatan Cilaku juga ada," ucapnya.

Untuk membantu para pengungsi selama berada di Cireunghas, pihak Kecamatan Cireunghas tengah menggalang bantuan. "Kita galang bantuan, dari masyarakat dan lainnya. Sejauh ini pakaian dan mie instan sudah ada di posko Kecamatan, besok kita distribusikan," tuturnya

Selain bantuan pakaian dan sembako, Kecamatan Cireunghas juga menyiapkan petugas medis, untuk melayani masalah kesehatan para pengungsi.

"Puskesmas dengan mitra Kesehatan bencana sudah keliling ke tempat pengungsi yang ada di rumah saudara-saudaranya itu, melakukan pengobatan, karena ada juga yang luka-luka juga, besok mereka akan keliling lagi," jelasnya.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT