Sukabumi Update

Cerita Warga saat Luapan Banjir Robohkan Tembok Rumah di Cisaat Sukabumi

Tangkapan layar video banjir di Kampung Cijambe RT 07/03 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin sore, 5 Desember 2022. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras pada Senin sore, 5 Desember 2022, mengakibatkan tembok dua rumah warga roboh di Kampung Cijambe RT 07/03 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Warga setempat, Dede Hermawan (36 tahun), mengatakan air dari area persawahan meluap sekira pukul 16.15 WIB. Sawah ini ada di atas permukiman warga sehingga mengakibatkan banjir dan merendam rumah penduduk.

"Sumber air yang meluap dari area sawah diduga berasal dari perumahan lalu mengalir ke sawah dan meluap ke permukiman warga," ujar Dede kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Dampak Hujan Deras, 15 Titik Bencana di Kota Sukabumi: Banjir hingga Longsor

Menurut Dede, ketinggian banjir di depan rumahnya setinggi lutut orang dewasa. Namun di lingkungan sekitar rumah ketua RW, ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa karena lokasi rumahnya ada di dataran rendah.

Akibat kejadian ini, sebanyak dua rumah terdampak. Rincianya rumah ketua RW 03 dan warga setempat, temboknya roboh. Dede menyebut air baru surut sekira waktu Isya. Beruntungnya persawahan tersebut sudah panen.

"Beruntung sawah yang ditanami padi sudah panen. Warga belum tanam padi lagi sehingga tidak ada kerugian," katanya.

Reporter: Ibnu/Magang

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT