Sukabumi Update

Korban Gempa di Sukabumi: Rumah Reot Mak Cici Diperbaiki, Selama Ini Miring Ditopang Bambu

Bakti Sosial karyawan Dinas PU Kabupaten Sukabumi, membangun rumah mak Cici di Giri Jaya Nagrak yang nyaris ambruk diguncang gempa Cianjur

SUKABUMIUPDATE.com - Karyawan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi akan memperbaiki rumah korban bencana gempa M5.6. Lewat bakti sosial, rumah mak Cici, lansia 85 tahun di Kampung Bojong Kawung, RT 02/07 Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, akan dibangun.

Mak Cici adalah lansia yang tinggal seorang diri. Ketua RT setempat, Samad (70 tahun) menjelaskan rumah yang selama ini ditempati mak Cici masuk kategori tak layak huni, rapuh dimakan usia, dan saat gempa cianjur M5.6 terjadi (21 November 2022) bangunan tersebut mulai ambruk.

“Kalau tidak langsung ditopang sama warga menggunakan bambu, rumah mak cici yang makin miring mungkin sekarang sudah ambruk. Rumah itu ditopang banyak batang bambu besar agar tetap bisa berdiri,” jelas Samad kepada sukabumiupdate.com, Kamis 8 November 2022.

Baca Juga: Gandeng Kejaksaan, Dinas PU Kabupaten Sukabumi Beri Wawasan Hukum bagi Pegawai

Kondisi rumah yang semakin rawan ambruk, Mak Cici kemudian diungsikan ke rumah tetangga.
"Di usia yang sudah rentan, dia masih aktif ke pengajian dan mungkin ini jawaban dari doa yang Bu Cici panjatkan, rumahnya akan dibangun oleh karyawan Dinas PU," ucap Samad.

Rencana ini dibenarkan oleh Kepala Desa Giri Jaya, Ujang Sihab. Menurutnya saat ini bersama warga rumah Mak Cici dirobohkan untuk dibangun kembali.

Mak Cici bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Asep JaparMak Cici bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Asep Japar

"Alhamdulillah pada hari ini ada dalam rangkaian bakti sosial dari Dinas PU, kita mendapatkan bantuan untuk rumah tidak layak huni," imbuhnya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar yang ikut melakukan perobohan sebagai awal pembangunan kembali rumah mak Cici menegaskan bahwa bantuan ini adalah dari seluruh karyawan jajaran kedinasan pekerjaan umum.

"Terima kasih untuk kegiatan hari ini, dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) didamping Polsek, Danramil, Kades, dan warga yang telah membantu. Bantuan rehab rumah mak Cici adalah bakti sosial karyawan DPU, dalam rangka hari bakti PU yang ke 77," kata Asep Japar ditempat dan hari yang sama.

Baca Juga: Akses Wisata, Dinas PU Perbaiki Jalan Menuju Konservasi Penyu di Ujunggenteng Sukabumi

Menurutnya bakti sosial ini untuk keluarga yang kurang mampu, dan saat ini terkena bencana. "Alhamdulillah hari ini warga dan masyarakat bisa berkumpul, terima kasih RT, RW dan Kades yang ada di tempat hari ini," ujarnya

Karyawan Dinas PU berencana membantu sejumlah warga tak mampu lainnya di Desa Giri Jaya yang terdampak bencana. "Kita tinjau dulu dan Insyaallah akan dibantu," tuturnya.

Reporter: Ibnu/Magang

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT