Sukabumi Update

Rungkad! Jembatan dan Rumah di Bantargadung Sukabumi Diterjang Banjir dan Longsor

Jembatan penghubung kecamatan Bantargadung dan Palabuhanratu Sukabumi roboh diterjang banjir bandang

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sukabumi pada Jumat 9 Desember 2022 petang menyebabkan jembatan penghubung antara desa roboh (rungkad). Rumah warga juga rusak diterjang longsor dan pemukiman lainnya kini terancam.

Jembatan penghubung Desa Bojonggaling Kecamatan Bantargadung dan Desa Tonjong Kecamatan Palabuhanratu ambruk diterjang banjir bandang.

“Panjang jembatan 25 Meter dan lebar jembatan 130 Cm. Terjadi Pukul 16.30 Wib yang diakibatkan cuaca hujan dan banjir,” ujar Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria dalam laporannya.

Baca Juga: Jembatan Gantung di Selatan Sukabumi Ini Butuh Perbaikan, UPTD PU: Akan Diusulkan

Akibat peristiwa tersebut, kata Sandra, kebutuhan mendesak saat ini yaitu perbaikan jembatan beserta Tembok Penahan Tanah dan kawat bronjong.

Tidak hanya jembatan yang ambruk, lanjut Sandra, di waktu bersamaan beberapa titik di Kecamatan Bantargadung diterjang bencana tanah longsor.

Sandra menuturkan titik pertama yaitu di Kampung Cibogo Rt 01/ 12 Desa Bojonggaling Kecamatan Bantargadung, tanah longsor dengan panjang 3 meter dan tinggi 5 meter mengancam 1 Rumah warga atas nama Peni (55 tahun) dengan penghuni berjumlah 2 KK 6 jiwa.

Baca Juga: Jembatan Akses Antar Kampung di Cikakak Sukabumi Rusak Diamuk Sungai Cimaja

Kemudian titik tanah longsor lainnya terjadi di Kampung Kebonkapas Rt 04/06 Desa Limusnunggal Kecamatan Bantargadung, longsor sepanjang 4 meter dengan tinggi 5 meter. Material longsor menimpa dinding rumah bagian belakang milik Ajan (49 tahun) dengan penghuni berjumlah 1 KK 7 jiwa.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam dua kejadian tersebut. Namun kedua rumah warga tersebut alami rusak berat, sehingga salah satu penghuninya atas nama Ajan harus mengungsi,” ujarnya.

Kemudian untuk titik tanah longsor lainnya, lanjut Sandra, terjadi di bantaran sungai Cigadung, Kampung Babakan Rt 04/03 Desa Bantargadung Kecamatan Bantargadung dengan panjang longsoran lebih kurang 200 Meter dan tinggi 3 Meter.

Baca Juga: Rusak Disapu Banjir, Jembatan Citiis Ciemas Mulai Diperbaiki Dinas PU Sukabumi

“Akibat peristiwa tersebut, sejumlah rumah warga yang berada di sekitar bantaran sungai terancam,” tuturnya.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT