Sukabumi Update

TPT Teras Cipelang Herang Kota Sukabumi Ambruk, Sekda: Sudah Ditinjau Kementerian

Tembok Penahan Tanah (TPT) Teras Cipelang Herang Kota Sukabumi yang ambruk dihantam aliran Sungai Cipelang akibat hujan deras pada 5 Desember 2022. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tembok Penahan Tanah (TPT) Teras Cipelang Herang ambruk dihantam aliran Sungai Cipelang akibat hujan deras pada 5 Desember 2022. Proyek infrastruktur Kementerian PUPR ini berlokasi di Kampung Babakan Garung, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

Pembangunan TPT Teras Cipelang Herang dimulai pada Februari 2021 dengan anggaran sebesar Rp 11 miliar dari Kementerian PUPR. TPT Teras Cipelang Herang yang selesai dibangun pertengahan 2022 bertujuan mengurangi kawasan kumuh di bantaran sungai dan disulap menjadi ruang publik sekaligus destinasi wisata.

Warga sekitar, Endi Wahyudi (23 tahun), mengatakan TPT Teras Cipelang Herang ambruk dihantam luapan Sungai Cipelang akibat hujan deras pekan lalu. Namun menurut Endi, sebelum diterjang aliran sungai pun TPT ini sudah retak. "Sebelumnya tembok itu juga sudah retak tergerus air besar," kata dia, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Kumuh Jadi Teras Cipelang, Mampukah Jadi Icon Unggulan Baru di Kota Sukabumi?

Endi mengatakan harus segera ada penanganan terhadap ambruknya TPT Teras Cipelang Herang. Dia mengaku sudah melihat petugas BPBD Kota Sukabumi meninjau ke lokasi. "Harus secepatnya diperbaiki supaya tidak bertambah rusaknya," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Dida Sembada mengatakan TPT Teras Cipelang Herang sudah diserahkan ke Pemerintah Kota Sukabumi. Tetapi, kata Dida, sampai Mei 2023 infrastruktur tersebut masih dalam masa pemeliharaan Kementerian PUPR. Dida menyebut tim Kementerian PUPR sudah meninjau ke lokasi.

"Jadi kerusakan akibat banjir/longsor secepatnya akan dikerjakan oleh kementerian dan sudah ditinjau oleh tim dari Kementerian PUPR," kata Dida.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT