Sukabumi Update

DPRD Bahas Akses Pendidikan Usai Jembatan Cimalim di Ciemas Sukabumi Berdiri Lagi

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana saat peresmian Jembatan Cimalim di Kampung Cimalim, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Senin (12/12/2022). | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi atas pembangunan Jembatan Cimalim, penghubung Desa Ciemas dengan Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

"Alhamdulillah hari ini jembatan sudah bisa digunakan warga. Kami bersama Pak Dewan Batman atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sukabumi Pak Marwan Hamami," kata Andri kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/12/2022).

Sesuai pesan bupati, ujar Andri, warga harus menjaga dan memelihara akses jembatan gantung tersebut. "Ini sangat penting agar jembatan bisa awet digunakan. "Terutama ini untuk akses pendidikan, anak-anak sangat terbantu, menyeberang menuju ke sekolah di Desa Ciwaru," kata dia.

Baca Juga: Jembatan Cimalim di Ciemas Sukabumi Berdiri Kembali, Ini Pesan Bupati ke Warga

Di sisi lain, Andri menuturkan bupati juga mendukung acara menjelang pergantian tahun yakni Geopark Ciletuh Spektakuler (GCS) selama tiga hari mulai 30 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. Harapannya kegiatan ini bisa mendongkrak ekonomi warga serta promosi memperkenalkan Geopark Ciletuh di Kecamatan Ciemas.

"Dalam pelaksanaan nanti, kami menyediakan lampion untuk pengunjung. Pengendara sepeda motor, diharuskan beli satu lampion harga Rp 10 ribu, sedangkan kendaraan roda empat beli dua lampion Rp 20 ribu. Ini bentuk partisipasi. Pengunjung beli lampion produk UMKM Geopark Ciletuh," ujar Andri.

Baca Juga: Hancur Diterjang Luapan Sungai, Jembatan Cimalim di Ciemas Sukabumi Dibangun Lagi

Sebelumnya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Jembatan Cimalim di Kampung Cimalim, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Dengan diresmikannya jembatan ini maka akses dari Desa Ciemas dengan Desa Ciwaru terhubung kembali.

Jembatan ini memiliki panjang 40 meter dan lebar 1,2 meter. Material tiang jembatan dari besi dan alas jembatan dari pelat besi bordes. Pembangunan jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Cikanteh itu menelan anggaran Rp 450 juta dari sumber dana Belanja Tidak Terduga (BTT).

Sebelumnya jembatan tersebut putus dihantam luapan aliran Sungai Cikanteh pada Senin malam, 12 September 2022.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT