Sukabumi Update

Distan Daftarkan Tanaman Dracaena dari Sukabumi Jadi Varietas Unggul Nasional

Distan bersama tim Direktorat Buah dan Florikultura Kementan RI yang dipimpin Siti Bibah Indrajati melaksanakan kunjungan ke Poktan Alamanda di Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Rabu (14/12/2022). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai salah satu upaya mempertahankan plasma nutfah kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, Dinas Pertanian atau Distan telah melakukan proses pendaftaran varietas tanaman hias jenis Dracaena untuk menjadi varietas unggul nasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, Distan bersama dengan tim Direktorat Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian RI yang dipimpin Siti Bibah Indrajati melaksanakan kunjungan ke Poktan Alamanda di Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Rabu (14/12/2022).

“Kunjungan ini merupakan evaluasi terhadap kendala proses pendaftaran varietas Draecena sebagai komoditas unggulan tanaman hias nasional dan evaluasi terhadap korporasi petani yang dijalankan oleh Poktan Alamanda,” ujar Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Selama 5 Jam, Alasan Penutupan Total Jalan Sukabumi-Bogor di Jembatan Pamuruyan

Tuty menuturkan, sebagai korporasi petani, usaha tani tanaman hias Draecena selama ini sudah dijalankan oleh PT Poktan Alamanda Sejahtera (PAS) yang orientasi bisnisnya adalah ekspor.

“Sebagai bentuk dukungan, pemerintah dalam hal ini Kementan RI telah memberikan pelatihan peningkatan kompetensi SDM dan akan memfasilitasi pembekalan manajemen, aplikasi serta cara produksi, perangkaian dan pemasaran yang modern agar Korporasi Poktan dapat berjalan dengan maksimal,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, turut hadir tim Pengawas Benih Tanaman (PBT) Kabupaten Sukabumi dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan (BPSBP) Provinsi Jawa Barat yang secara bersama-sama melaksanakan survei kesesuaian deskripsi varietas tanaman yang diajukan, sekaligus menindaklanjuti proses pendaftaran varietas Draecena yang sudah dilakukan.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT