Sukabumi Update

Komitmen Turunkan Kasus Stunting, Pemkab Sukabumi Terima Odading Award 2022

Pemkab Sukabumi menerima Odading Award 2022 pada kategori Tim Percepatan Penurunan Stunting Paling Berkomitmen. Penghargaan diterima Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.com - Pemkab Sukabumi menerima penghargaan Obrolan Daring Stunting (Odading) Award Tahun 2022 pada kategori Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Paling Berkomitmen.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya, kepada Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri pada gelaran Jabar Stunting Summit 2022 yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu, 14 Desember 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan stunting bukan hanya urusan dinas kesehatan, akan tetapi semua dinas atau OPD di Jabar ikut terlibat dengan perannya masing-masing.

Baca Juga: Ambrol Setelah Trailer Lewat, Ini Pemicu Jembatan Pamuruyan Cibadak Sukabumi Ambruk

“Walaupun isunya kesehatan, tapi ini masalah peradaban. Kalau sudah masalah peradaban, maka tanggung jawab semua yang mengaku aparat, PNS dan pimpinan di Jawa Barat,” tuturnya.

Maka dari itu melalui pemberian penghargaan ini, diharapkan bisa memberikan contoh, semangat dan dapat diikuti oleh daerah lainnya. Apalagi, menjelang indonesia emas diharapkan bisa menempati rangking empat dalam proyeksi ekonomi 2045.

Sementara itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan stunting sangat menentukan kebesaran suatu negara dan mempengaruhi terhadap pendapatan perkapita negara.

Baca Juga: Jembatan Pamuruyan Ambrol, Begini Kondisi Arus Lalin Jalur Sukabumi-Bogor

Dengan demikian, menurutnya untuk menghindari stunting maka diperlukan intervensi terhadap ibu sebelum hamil, baik itu remaja sebelum menikah, hingga memeriksa kesehatan kehamilan secara berkala.

Usai kegiatan Wabup bersyukur atas penghargaan yang diberikan pemerintah Provinsi Jabar karena menurutnya hal ini merupakan komitmen yang telah dibangun oleh TPPS Kabupaten Sukabumi dalam mewujudkan new zero stunting di Provinsi Jabar, khususnya di Kabupaten Sukabumi.

“Mari kita bersama sama bahu membahu melaksanakan gerakan kemanusiaan ini, untuk membantu saudara saudara kita agar dapat meningkat kualitas kehidupannya” jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT