Sukabumi Update

Kata Bupati Sukabumi Mengenai Makna Peringatan Hari Bela Negara

Bupati Sukabumi Marwan Hamami bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan ke-74 Hari Bela Negara tingkat Kabupaten Sukabumi di alun-alun Palabuhanratu, Senin (19/12/2022). | Foto: Pemkab Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan ke-74 Hari Bela Negara tingkat Kabupaten Sukabumi di alun-alun Palabuhanratu, Senin (19/12/2022).

Hari Bela Negara diperingati setiap tanggal 19 Desember, Sebagaimana tertuang dalam Keppres No. 28 tahun 2006. Untuk tahun ini, hari Bela Negara mengusung tema ‘Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku’.

Usai acara, Marwan mengajak masyarakat untuk menyikapi persoalan yang dihadapi oleh negara dalam menguatkan nasionalisme persatuan dan kesatuan, selain itu masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif.

Baca Juga: Seharian Dapat Rp 30 Ribu, Cerita Sopir Angkot saat Jembatan Pamuruyan Ambrol

"Yang paling utama kebersamaan ini bisa menggerakan produk pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Marwan menjelaskan, Bela negara merupakan sebuah konsep yang disusun untuk mengatur tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dalam mempertahankan Negara Indonesia. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam melakukan pembelaan negaranya.

"Jadi bela negara merupakan tanggung jawab seluruh stakeholder yang ada, semua terus melakukan percepatan pembinaan terstruktur, terutama pembinaan terhadap anak-anak milenial yang rentan kehilangan nilai sejarah negara saat ini,” tuturnya.

Baca Juga: Arus Lalin Jalur Sukabumi - Bogor, Kendaraan Mengular ke Arah Jembatan Pamuruyan

Marwan berharap, diperingatinya hari bela negara tersebut bisa memotivasi generasi bangsa kedepan agar lebih kuat dalam menghadapi situasi global saat ini.

Sementara itu Bakesbangpol Kabupaten Sukabumi Tri Romadono menambahkan, peringatan hari bela negara bertujuan untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat akan Indonesia merdeka, dimana kemerdekaan yang diraih ini berkat perjuangan para pahlawan yang harus dijaga dan dilindungi patriotisme .

"Saya menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menunjang wawasan kebangsaan bela negara,” ujar Tri.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT