Sukabumi Update

Akhirnya Diperbaiki, Lubang Sedalam 2,5 Meter di Jalan RA Kosasih Sukabumi

Kondisi lubang di Jalan RA Kosasih, Kampung Harempoy, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, yang sudah diperbaiki, Selasa (20/12/2022). | Foto: SU/Riza

SUKABUMIUPDATE.com - Lubang sedalam kurang lebih 2,5 meter di Jalan RA Kosasih, Kampung Harempoy, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, akhirnya diperbaiki. Lubang menganga ini sebelumnya viral lantaran membahayakan karena berada di jalan raya yang aktif 24 jam dilalui kendaraan.

Pantauan di lokasi pada Selasa (20/12/2022), para pekerja terlihat baru menyelesaikan perbaikan jalan. Lubang itu sudah tertutup dan gorong-gorong bagian dalam diganti. Traffic cone juga dipasang di pinggir jalan yang sudah diperbaiki. Pengendara diimbau untuk mengurangi kecepatan saat melewati jalan tersebut.

Perbaikan jalan ini dilakukan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat. Ini disampaikan oleh ketua pelaksana perbaikan Andi Nurkholis yang mengatakan proses perbaikan Jalan RA Kosasih sekaligus lubang itu berlangsung selama tiga hari.

"Dari 17 Desember 2022 sampai hari ini. Malam digeber (dipercepat), kami ganti gorong-gorongnya pakai empat buah," kata Andi saat ditemui di lokasi.

Baca Juga: Ada Lubang Sedalam 2,5 Meter di Jalan RA Kosasih Sukabumi, Hati-hati!

Andi mengatakan jalan amblas hingga menimbulkan lubang yang cukup dalam ini diduga karena mobil berat yang parkir di bahu jalan. Kemudian air hujan memperparah kondisi jalan.

"Itu lumayan dalam lubangnya juga. Mungkin karena ada mobil berat parkir dan melebar gara-gara derasnya air hujan. Itu kan di dalamnya ada saluran pembuangan juga ke Sungai Cisuda," ujar dia.

Menurut Andi, jalan nasional tersebut sudah dapat beroperasi secara normal meski perbaikan masih menunggu proses finishing. "Dijemur dulu, sementara ditutup pakai agregat. Ini juga sudah bisa dipakai, ada material sisa mau diangkat dulu. Sudah bisa dilalui,” katanya.

Dalam berita sebelumnya, warga sekitar, Usu (54 tahun), mengatakan lubang itu awalnya hanya sedalam 50 sentimeter. Setelah satu bulan, kedalamannya terus bertambah hingga mencapai 2,5 meter dengan lebar kurang lebih 2 hingga 3 meter.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT