Sukabumi Update

Polisi Siapkan Opsi Tutup Jalur Cikidang, Skema Urai Macet Nataru di Sukabumi

Tangkapan layar Pos Elang Simpang Cikidang, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Google Maps

SUKABUMIUPDATE.com - Polres Sukabumi menyiapkan opsi penutupan jalur alternatif Cikidang, Kabupaten Sukabumi, untuk kendaraan roda empat apabila terjadi kemacetan parah di momen libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan opsi tersebut akan dilakukan jika terjadi kemacetan di letter S tanjakan yang cukup ekstrem di jalur alternatif Cikidang.

"Nanti jika di jalur dari Cikidang, dari Parungkuda, sampai Palabuhanratu, terjadi stuck atau kemacetan, kami tutup untuk kendaraan roda empat, kami minta maaf," ujar Dedy setelah menghadiri kegiatan Tactical Wall Floor Game (TWFG) di gedung pertemuan Frinanda Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Riset Blacksite dan Blackspot: Ruas Jalan Cikidang Sukabumi Rawan Kecelakaan?

Dedy mengatakan jika opsi penutupan jalur alternatif Cikidang diambil, kendaraan roda empat akan dialihkan ke Simpang Ratu Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

"Kami tutup tidak boleh masuk Cikidang. Kami alihkan ke Simpang Ratu (Cibadak) Cikembang. Jadi yang boleh masuk ke Cikidang hanya sepeda motor apabila terjadi crowded di letter S," ujarnya.

Adapun dalam Operasi Lilin Lodaya tahun 2022 di wilayah hukum Polres Sukabumi, lanjut Dedy, pihaknya menerjunkan sekitar 880 personel gabungan yang terdiri unsur TNI/Polri, instansi terkait, dan melibatkan potensi masyarakat Sukabumi.

Baca Juga: Lewat Sampora, Jalur Alternatif Jika Cikidang Sukabumi Macet saat Nataru

Operasi Lilin Lodaya 2022 digelar 11 hari mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. "Personel yang kami libatkan sekitar 880 orang dibantu TNI dan instansi lain serta dari masyarakat. Pos yang kami bangun sekitar 93 pos, tersebar di seluruh Kabupaten Sukabumi," katanya.

Dedy menyebut pihaknya juga menerjukan tim mobile yang terdiri dari tim Reskrim dan Intel serta tim pengurai macet guna mengantisipasi kemacetan di titik-titik macet.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT