Sukabumi Update

Pohon Tumbang di Ciemas Sukabumi, Jalur Geopark Ciletuh Sempat Tertutup

Pohon tumbang di Tanjakan Cipeucang, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/12/2022). Pohon itu sempat menutup jalan provinsi yang merupakan jalur Geopark Ciletuh. | Foto: Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan disertai angin mengakibatkan sebuah pohon tumbang di Tanjakan Cipeucang, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/12/2022) sekitar pukul 15.20 WIB. Kejadian ini sempat membuat kendaraan tak bisa lewat karena pohon tumbang menutup jalan provinsi ruas Waluran - Mareleng - Palangpang yang merupakan jalur geopark ciletuh.

"Dahan dan ranting menutup badan jalan sehingga kendaraan tidak bisa lewat," kata pengguna jalan Darwis (23 tahun) warga Kecamatan Ciracap kepada sukabumiupdate.com.

Dia menuturkan, pengguna jalan dan warga bergegas melakukan evakuasi pohon. Dia memperkirakan evakuasi pohon dilakukan selama 20 menit dan setelah evakuasi rampung, kendaraan kembali melintas.

Baca Juga: Loker! Dibutuhkan 3.296 PPPK Kementerian ATR/BPN, Berikut Syarat Lengkapnya

"Pohon yang tumbang ukuran sedang, namun saya tidak tahu pohon jenis apa, tumbuh diatas tebing," ujarnya.

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan ( KSPPJJ) wilayah 4 Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar, Entis Sutisna membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, bagian pohon yang tumbang adalah dahan dan ranting.

Setelah dilakukan evakuasi, jalan kembali bisa dilalui kendaraan.

"Warga beserta tim URC Bina Marga sudah mengevakuasi dahan dan ranting yang menghalangi jalan. Saat ini sudah bisa dilalui, untuk pengguna jalan agar tetap waspada karena cuaca sudah mulai turun hujan disertai angin," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT