Sukabumi Update

Responsif terhadap Aduan Warga, Pemkot Sukabumi Apresiasi 9 SKPD

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan penghargaan Anugerah Pengelola Pengaduan terbaik yang digelar Diskominfo Kota Sukabumi di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi pada Kamis, 22 Desember 2022. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sembilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan mitra terbaik di lingkungan Pemkot Sukabumi menerima Anugerah Pengelola Pengaduan terbaik yang digelar Diskominfo Kota Sukabumi di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi pada Kamis, 22 Desember 2022.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan penghargaan tersebut yang terdiri dari empat kategori di antaranya Perangkat Daerah dengan kategori tindak lanjut di lapangan, Terbaik 1 diraih Dinas Perhubungan, Terbaik 2 Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Terbaik 3 Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Selanjutnya kategori Perangkat Daerah dengan kategori respons dalam menjawab pengaduan, Terbaik 1 Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Terbaik 2 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Terbaik 3 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca Juga: Data November: Pemkot Sukabumi Tampung 49 Aduan Lewat SUPER dan E-Lapor

Sementara itu Perangkat Daerah dengan kategori keberlanjutan dan konektivitas pengaduan, Terbaik 1 Perumda Bumi Tirta Wibawa, Terbaik 2 Dinas Lingkungan Hidup, Terbaik 3 Kecamatan Gunungpuyuh.

Penghargaan Khusus kepada mitra terbaik dalam pengelolaan pengaduan di Kota Sukabumi yakni ULP PLN Sukabumi Kota dan PT Telkom Witel Sukabumi.

Penganugerahan ini dalam konteks memotivasi para SKPD untuk responsif terhadap aduan masyarakat dan berharap seluruh SKPD menyadari masyarakat membutuhkan kecepatan tanggapan terhadap hal yang perlu ditanggapi pemerintah dengan cepat.

Baca Juga: Termasuk Bioskop Sukabumi, Selama Agustus 32 Aduan Masuk ke SUPER dan E-Lapor

Meski dalam kondisi hari ini masih ada SKPD yang slow respons. Aplikasi SUPER dan E-Lapor disiapkan pemerintah sebagai kanal untuk masyarakat menyampaikan aduan. Tidak bisa dipungkiri masyarakat tak semua siap menerima perkembangan teknologi.

''Ya, sifatnya demikian masih banyak yang manual dan ada yang mengadu lewat WhatsApp saya atau DM di Instagram,'' kata Fahmi.

Dari berbagai aduan, menurut Fahmi, laporan PJU, kondisi jalan, dan kebersihan, paling mendominasi. Dia berpesan agar para SKPD dapat meningkatkan kinerjanya. Melayani warga sebaik-baiknya.

"Kami meminta dinas meningkatkan kinerjanya. Mari layani warga sebaik-baiknya, keluhan saran kita terima dengan baik dan respon dengan baik," ujar dia.

(Advertorial)

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT