Sukabumi Update

Ombak Hingga 4 Meter dan Angin Kencang Terjang Pantai Ujunggenteng Sukabumi

Tangkapan layar gelombang tinggi disertai angin kencang di kawasan Pantai Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jumat pagi (23/12/2022). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gelombang tinggi disertai angin kencang menerjang kawasan Pantai Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Kondisi dengan ketinggian ombak mencapai 4 meter ini sudah terjadi sejak Rabu, 21 Desember 2022.

Hal itu dikatakan Ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng Asep Jeka kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (23/12/2022). Selain gelombang yang mencapai ketinggian 4 meter, angin kencang juga terus terjadi sejak Rabu hingga Jumat ini atau kurang lebih sudah tiga hari.

"Kondisi ini sudah terjadi pada Rabu kemarin saat hujan disertai angin," kata Asep.

Asep menyebut situasi ini mengakibatkan sejumlah nelayan di kawasan Pantai Ujunggenteng mulai mengamankan perahu mereka yang sebelumnya disandarkan di beberapa lokasi seperti di tempat pelelangan ikan dekat spot Bagalbatre maupun di sekitar area Kalapacondong.

Baca Juga: Waspada Gelombang Tinggi pada 23-24 Desember, Selatan Jawa Barat Bisa Capai 6 Meter

Nelayan-nelayan itu sudah memilih libur tidak melaut. "Sebagian sudah tidak beroperasi. Adapun mereka yang pekan kemarin turun, akan segera kembali, menunggu kondisi cuaca. Data sementara 20 perahu mengalami rusak ringan yang terparkir di tempat bersandar," ujar dia.

"Kalau ombak tinggi mencapai 4 meter sudah biasa, namun ini disertai hujan dan angin yang cukup kencang. Biasanya terjadi saat air laut pasang pada sore hari," imbuh Asep Jeka.

Sebelumnya BMKG sudah mengeluarkan peringatan gelombang tinggi di pesisir Indonesia termasuk selatan Sukabumi yang berlaku mulai Jumat ini pukul 07:00 WIB hingga Sabtu, 24 Desember 2022. Gelombang di perairan selatan Jawa Barat diprakirakan mencapai 4 hingga 6 meter.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT