Sukabumi Update

Renovasi Rampung, Melihat Wajah Baru Tugu Adipura Kota Sukabumi

Wajah baru Tugu Adipura di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jumat (23/12/2022). | Foto: SU/Riza

SUKABUMIUPDATE.com - Proyek renovasi Tugu Adipura di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, sudah rampung. Masyarakat kini bisa melihat wajah baru tugu yang penataannya dimulai sejak pertengahan 2022 tersebut.

Pantauan sukabumiupdate.com di lokasi pada Jumat (23/12/2022), para pekerja sudah membuka seng yang sebelumnya menghalangi proses renovasi Tugu Adipura. Terlihat bangunan tugu yang baru didominasi warna putih dengan beberapa tiang lampu mengitarinya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah membenarkan renovasi Tugu Adipura telah selesai. Menurutnya, wajah baru tugu akan membuat Kota Sukabumi semakin cantik apalagi terintegrasi dengan kawasan Lapang Merdeka.

"Tugu Adipura yang sudah selesai direnovasi membuat Kota Sukabumi semakin indah dan cantik. Semoga ini membuat kota kita semakin religius, nyaman, dan sejahtera," kata Reni.

Baca Juga: Desain Tugu Adipura Direvisi, Fahmi Share Gambar Pedestrian Balai Kota Sukabumi

Diketahui, anggaran renovasi Tugu Adipura berasal dari dana Corporate Social Responsibility atau (CSR) Yogya Department Store sebesar Rp 200 juta. Kemudian dana dari ABPD Kota Sukabumi tahun 2022 juga Rp 200 juta. Total Rp 400 juta.

"Anggaran renovasi Tugu Adipura bersumber dari CSR Yogya Department Store dan APBD. Artinya terjadi kolaborasi antara pihak pengusaha dan masyarakat untuk memperindah dan mempercantik infrastruktur Kota Sukabumi," kata Reni.

Reni mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan merawat Tugu Adipura yang baru selesai direnovasi. "Mari kita jaga bersama, mari kita rawat karena ini milik kita bersama. Tanggung jawab kita, bukan hanya pemerintah untuk memelihara," ujar dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT