Sukabumi Update

Jelang Natal, Gereja-gereja di Sukabumi Disterilisasi Tim Penjinak Bom

Tim Gegana Sat Brimob Polda Jabar saat melakukan sterilisasi di Gereja Santo Joseph di Jalan Suryakencana, Kota Sukabumi, Sabtu (24/12/2022). | Foto: Polres Sukabumi Kota

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang perayaan Natal, enam gereja di Kota Sukabumi disterilisasi menggunakan alat metal detector dan mirror detector oleh tujuh personel tim penjinak bom Gegana Sat Brimob Polda Jabar pada Sabtu (24/12/2022).

Keenam gereja di Kota Sukabumi tersebut adalah Gereja Santo Joseph, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Penginjil, GKI Jawa Barat, Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Gereja Bethel Indonesia Eben Haezer, dan Gereja Beth-el Tabernakel.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin mengatakan sterilisasi tersebut dilakukan untuk menghindari potensi ancaman gangguan Kamtibmas selama perayaan Natal dan tahun baru 2023 di Sukabumi Kota termasuk kejahatan terorisme.

Baca Juga: Malam Natal Tiba, Ini 6 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Keluarga

Polres Sukabumi Kota juga melakukan penebalan personel dengan mendatangkan 40 anggota Sat Brimob Polda Jabar. Mereka ditugaskan untuk pengamanan perayaan Natal dan tahun baru yang telah diatur sesuai skema di wilayah hukum.

"Polres Sukabumi Kota memohon bantuan kepada Sat Brimob Polda Jabar untuk menurunkan satu tim Jibom (penjinak bom)," ujar Zainal.

Adapun hasil sterilisasi yang dilakukan di dalam dan luar gereja, Zainal menyatakan keenam gereja tersebut clear dan tidak ada kendala. Sat Brimob Polda Jabar juga sudah melakukan serah terima kepada pengamanan dari jajaran polsek.

"Seluruh personel yang kami rencanakan telah diterjunkan ke masing-masing lokasi perayaan Natal di setiap gereja yang sudah terdata Polres Sukabumi Kota," kata dia.

"Kami berharap seluruh jemaat bisa beribadah dengan tenang tanpa khawatir dan bisa menikmati sukacita Natal tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya," imbuh Zainal.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Natal yang Cocok Ditonton saat Libur Natal Bersama Keluarga

Tim Jibom Sat Brimob dari Polda Jabar juga melakukan sterilisasi gereja yang akan digunakan sebagai tempat ibadah misa Natal di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah melalui Kasi Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan sterilisasi ini untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan umat Nasrani agar dapat menjalankan ibadah dengan tenang.

"Anggota Unit Jibom Brimobda Polda Jabar melaksanakan sterilisasi gereja yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi," ujar Ipda Aah.

Menurut Aah, ada empat kecamatan yang mempunyai gereja yaitu Palabuhanratu, Cikembar, Cibadak, dan Cicurug. Anggota Brimob secara teliti dengan bantuan alat pendeteksi metal detector, menyisir dan memeriksa setiap sudut ruangan gereja guna memastikan tidak ada yang tersimpan barang berbahaya.

"Alhamdulillah kegiatan sterilisasi gereja berjalan aman dan lancar," kata Aah.

Reporter: Riza/Denis Febrian

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT