Sukabumi Update

Jalan Penghubung Kampung Rusak Tergerus Abrasi Pantai Cikadal Sukabumi

Jalan rusak akibat abrasi Pantai Cikadal, di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. |Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan penghubung kampung sekaligus akses wisata ke Pantai Cikadal serta hutan mangrove di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, rusak akibat abrasi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciemas Idrus Stansyah menyatakan titik jalan rusak akibat abrasi ini berada di Kampung Cikadal RT 01/02.

Dia menyatakan abrasi terjadi kurang lebih satu tahun yang lalu dan kejadian ini sudah dilaporkan kepada BPBD pada 27 Juli 2022.

Baca Juga: Mengapa Sukabumi Dingin dan Sejuk? Yuk, Mengenal 3 Gunung yang Mengapit Wilayah Ini!

Dari hasil pemantauannya pada Minggu (25/12/2022), dampak abrasi semakin parah.

Menurut dia, total lebar badan jalan 2,5 meter namun karena terus menerus tergerus abrasi maka saat ini badan jalan tersisa sekitar 1 meter saja. Adapun panjang jalan yang rusak tergerus abrasi sekitar 50 meter.

Menurut dia, selain akses wisata, jalan tersebut digunakan warga untuk beraktivitas termasuk pelajar menggunakan jalan itu untuk pulang dan pergi sekolah.

Baca Juga: 5 Juri "YES"! Biodata Abdul Azis, Kontestan Indonesia Idol asal Sukabumi

"Ada beberapa siswa yang melintas jalan tersebut, dari Kampung Sumur Pompa dan Kampung Malaka," ujarnya.

Idrus menyatakan apabila tidak ada penanganan maka kerusakan yang dialami jalan itu semakin parah dan mengancam keselamatan warga yang melintas menggunakan motor dan roda empat.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT