Sukabumi Update

Pohon Petai Tumbang Sempat Lumpuhkan Jalan Raya Cisolok Sukabumi

Pohon petai yang tumbang dan sempat menutup Jalan Raya Cisolok tepatnya di tanjakan Poro Jati, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin (26/12/2022). | Foto: SU/Denis Febrian

SUKABUMIUPDATE.com - Akibat angin kencang, pohon petai tumbang dan sempat menutup Jalan Raya Cisolok tepatnya di tanjakan Poro Jati, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin (26/12/2022) sekira pukul 07.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Pohon petai tinggi 15 meter dan berdiameter 60 meter. Tumbang akibat angin kencang. Warga laporan kepada saya selaku kepala dusun. Kami dari desa langsung mengambil tindakan sigap mengamankan pohon yang tumbang dan lalu lintas tetap berjalan lancar," ujar Kepala Dusun di Desa Cikahuripan, Yuli Kusworo di lokasi.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Ciemas Sukabumi, Jalur Geopark Ciletuh Sempat Tertutup

Pohon tumbang tersebut dievakuasi oleh pemerintah desa bersama masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, bergotong royong membersihkan daun-daun yang menutupi badan jalan kemudian memotong kayu menggunakan alat/mesin gergaji serta melakukan pengaturan lalu lintas secara buka tutup.

"Alhamdulillah tidak sampai satu jam ditangani, lalu lintas berjalan normal," ujar Yuli.

Warga sekitar, Edo (37 tahun), menambahkan pohon tumbang tersebut tak hanya menimpa jalan, namun juga menimpa kabel PLN di sekitarnya. “Sehingga menyebabkan aliran listrik dari Desa Cikahuripan sampai Desa Cilograng mati total karena ada beberapa kabel yang putus akibat tertimpa pohon petai,” ujarnya.

Kabel listrik tersebut sudah ditangani dan saat ini aliran listrik di kedua desa sudah menyala.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT