Sukabumi Update

Bawa Panci dkk, Emak-emak Demo Jalan Rusak di Cikembar Sukabumi

Emak-emak di Cikembar demo jalan rusak Pelabuhan II, Kabupaten Sukabumi, Senin (26/12/2022) (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Tak tahan dengan kondisi jalan rusak, belasa emak-emak (ibu rumah tangga) di Cikembar Kabupaten Sukabumi melakukan unjuk rasa. Bawa panci, wajan, kuali dkk, mereka meneriakan tuntutan kepada pemerintah provinsi Jawa Barat untuk memperbaiki jalan tersebut.

Mereka yang melakukan aksi unjuk rasa ini adalah warga Kampung Cilangkap RT 03 RW 06 Desa/Kecamatan Cikembar. Peserta aksi didominasi kaum emak ini berlangsung di pinggir jalan raya Pelabuhan II, ruas Cikembar, yang kondisinya rusak, penuh lubang.

Video aksi ibu-ibu ini dikirimkan oleh warga setempat, Hardy Arisman kepada redaksi sukabumiupdate.com, lewat media sosial. Menurut Hardy aksi berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB, warga kebanyakan ibu-ibu, bawa kuali, panci dan alat dapur lainnya.

Baca Juga: Butuh Rp 800 Miliar, Anggota DPRD Sukabumi Soal Jalan Rusak Pangleseran - Kiara Dua

“Kami protes jalan rusak kang,” ungkap Herdy.

Dalam video tampak sejumlah petugas kepolisian dan dishub ikut mengamankan aksi tersebut. Terlihat warga membawa sejumlah kertas bertuliskan tuntutan perbaikan jalan rusak.

Bawa panci dkk, emak-emak demo jalan rusak di Cikembar Sukabumi, Senin (26/12/2022)Bawa panci dkk, emak-emak demo jalan rusak di Cikembar Sukabumi, Senin (26/12/2022)

“Kalau hujan becek, kalau halodo (kering) ngebul berdebu. Itu sudah berlangsung lama, kami minta pemerintah serius. Karena kami disini yang tinggal di sepanjang jalan ini sangat terdampak,” teriak perempuan yang menjadi orator dalam aksi tersebut.

Baca Juga: Makan Korban hingga Tak Nyaman, Keluh Soal Jalan Rusak Ruas Pelabuhan II Sukabumi

Menggunakan pengeras suara, orator juga mengingatkan pemerintah provinsi sebagai penanggung jawab jalan tersebut untuk tidak asal-asalan dalam melakukan perbaikan.

Peserta aksi kemudian membubarkan diri, setelah puas menyampaikan unek-uneknya. “Kami berharap ada perbaikan yang berkualitas pada jalan ini, tidak hanya tambah sulam, dan tabur batu dan pasir. Malah jadi ngebul, dan licin saat hujan,” ungkapnya.

Kerusakan jalan raya Pelabuhan II, akhir-akhir ini jadi sorotan publik. Kondisi kerusakan di ruas Pangleseran hingga Cikembar cukup parah, sempat menimbulkan korban jiwa dan juga di demo para sopir angkot.

Baca Juga: Jalan Rusak, Bocah Jatuh dari Motor Lalu Tewas Terlindas Truk di Cikembar Sukabumi

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT