Sukabumi Update

Sungai Cikalong Meluap Rendam Rumah dan Jalan di Ciemas Sukabumi

Motor diangkut gerobak sebab Jalan provinsi ruas Waluran-Mareleng- Pangpalang, di Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, terendam luapan sungai Cikalong. |Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur menyebabkan Sungai Cikalong meluap merendam jalan provinsi ruas Waluran-Mareleng- Pangpalang, di Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Hingga Selasa (27/12/2022) air masih menggenangi jalan sehingga kendaraan yang akan lewat harus diangkut gerobak sedangkan warga diangkut menggunakan perahu karet.

"Air sudah mulai agak surut dan diperkirakan kedalaman air mencapai 1 meter dan saat ini kita masih berupaya membantu masyarakat yang akan menyeberang dengan menggunakan roda [gerobak] dan perahu karet yang disiapkan oleh BPBD," ujar Kapolsek Ciemas Iptu Azhar Sunandar.

Baca Juga: Drainase Meluap jadi Pemicu Banjir Langganan Jalan Nasional di Waluran Sukabumi

Titik banjir lainnya yaitu di jembatan Kisohir yang merupakan penghubung Desa Mandarajaya dengan Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas. 

Selain merendam jalan, luapan sungai juga merendam 8 rumah warga di Kampung Purbasari RT 02/03 Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas. Menurut dia, ketinggian air mencapai 30 cm hingga 50 cm.

"Akibat hujan tadi malam, sungai Cikalong meluap dan mengakibatkan jebolnya tanggul sungai sepanjang 6 meter dengan ketinggian 1,5 meter," ujar Azhar. 

Menurut dia, pihak kepolisian, koramil, BPBD, Damkar serta masyarakat masih terus memantau kondisi. "Setelah kita cek dan dipantau tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Selain di lokasi tersebut, ada titik banjir lainnya akibat luapan Sungai Ciletuh.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT