Sukabumi Update

Melihat Layanan Posko Kesehatan di Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi

Posko kesehatan di kawasan Geopark Ciletuh tepatnya di Puncak Darma, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. |Foto: SU/Ragil

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata kawasan Geopark Ciletuh di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi merupakan tujuan mengisi libur nataru. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di kawasan tersebut berdiri Pos pengamanan serta posko kesehatan.

Kapolsek Ciemas Iptu Azhar Sunandar menyatakan ada dua posko kesehatan yang berdiri di kawasan Ciemas yang pertama dari Puskesmas Tamanjaya di Pantai Palangpang Desa Ciwaru.

Kemudian pos kesehatan dari Puskesmas Ciemas yang berada di Puncak Darma, Desa Girimukti. Menurut dia, di Puncak Darma juga menjadi lokasi posko keamanan Polsek Ciemas.

Baca Juga: Setelah Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka, Inilah 6 Titik Rawan Kemacetan Sukabumi

"Selain itu ada juga Posko dari URC Bina Marga, di Tanjakan Dini Desa Girimukti, dan di Kampung Nyomplong Desa Mekarsakti, dekat pergerakan tanah," ujar Kapolsek Ciemas Iptu Azhar Sunandar kepada sukabumiupdate.com, Selasa (27/12/2022).

Kepala Puskesmas Tamanjaya, Sitty Rochmah menyatakan ada beberapa layanan di pos kesehatan itu dan yang terutama adalah penanganan pertama.

“Kami juga akan buka pelayanan suntik vaksin dan untuk antisipasi kecelakaan, disiapkan untuk evakuasi mobil ambulans," ungkapnya.

Baca Juga: Badai Dasyat Berpotensi Terjadi di Jabodetabek, Bisa Meluas ke Wilayah Lain di Jabar

Hal senada dikatakan Kepala Puskesmas Ciemas Lilis Herlina. Dia menyatakan, pos kesehatan yang berada di Puncak Darma dibuka dari tanggal 24 Desember 2022 hingga nanti tanggal 2 Januari 2023.

"Pelayanan kesehatan tentunya gratis, terutama dalam penanganan pertama dalam kecelakaan," pungkasnya.

Terdapat dua jalur untuk menuju kawasan Geopark Ciletuh yang dapat dilintasi yaitu Loji - Puncak Darma-Palangpang dan ruas Waluran - Mareleng - Palangpang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi untuk Libur Nataru

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan ( KSPPJJ) wilayah 4 Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar, Entis Sutisna mengatakan ruas jalan Waluran - Mareleng - Palangpang memiliki panjang 34,85 kilometer dengan titik rawan pergerakan tanah di hutan Tanjakan Cipeucang kemudian jalan amblas di Kampung Nyomplong, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas.

"Disana kami akan mendirikan dua Posko jaga. Selain untuk memantau jalan kami dirikan posko itu untuk membantu serta melayani pengguna jalan agar jalan tetap nyaman dipergunakan dan bilamana pengguna jalan kelelahan dalam perjalanan silahkan mampir dan rest di posko posko kami yang dipersiapkan," kata Entis kepada sukabumiupdate.com, Selasa, 20 Desember 2022.

Untuk jalan provinsi ruas Loji - Puncak Darma - Palangpang memiliki panjang 32 kilometer. Adapun titik rawan berada di Km.Bdg 169+700 yakni Tanjakan Dini Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas kemudian di Puncak Darma Km.Bdg 224+400 serta Tanjakan Cimarinjung.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT