Sukabumi Update

2023 akan Diperbaiki, Rumah Warga Surade Sukabumi Ini Keburu Ambruk

Rumah tidak layak huni di Kampung Mekarsari RT 22/04 Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade ambruk, Kamis (29/12/2022) (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir membuat rumah milik warga Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Ambruk. Keluarga Hadin (24 tahun) harus mengungsi pasca rumah panggung yang mereka huni ambruk pada Kamis, (29/12/2022) pukul 07.30 WIB.

Berukuran 5 kali 8 meter, rumah yang dihuni 6 jiwa di Kampung Mekarsari RT 22/04 Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade ini roboh. Beruntung saat kejadian, Hadin dan keluarga bisa selamat dari reruntuhan rumah yang ambruk.

"Kondisi rumah memang sudah lapuk, ditambah hujan deras yang terus menerus," kata P2BK Surade, Solih Sunarya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Rumah Ambruk, Warga Nagrak Sukabumi Mengungsi di Gedung Sekolah

Pasca kejadian, penghuni rumah diminta untuk mengungsi sementara waktu ke rumah tetangga terdekat. Warga bersama relawan dan petugas dari desa, kecamatan, TNI dan Polri melakukan penanganan darurat.

"Sebagian tiang penyangga rumah sudah diperbaiki dengan alat seadanya. Adapun penghuni atau pemilik rumah sementara mengungsi ke rumah tetangga terdekat. Kebutuhan mendesak material bangunan, dan sembako," jelasnya.

Kepala Desa Cipeundeuy, Bakang Anwar As'adi mengatakan rumah yang ambruk ini masuk kategori tidak layak huni, dan sudah masuk daftar perbaikan melalui program Rutilahu pada tahun 2023.

Baca Juga: Atap Rumah Warga Ciemas Sukabumi Ambruk Diguyur Hujan Disertai Angin

"Saat kejadian kepala keluarga Hadin sedang bekerja di Sulawesi, adapun istri dan anaknya pagi tadi itu sedang berada di rumah tetangga. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, maupun luka, kerugian ditaksir Rp 30 juta," jelasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT