Sukabumi Update

Ingat! Arus Balik Mulai 1 Januari 2023, Tol Bocimi Seksi 2 dari Arah Sukabumi ke Bogor

gerbang tol bocimi seksi 2 di Sundawenang Parungkuda. Mulai 1 Januari 2022 tol ini difungsikan oleh arus balik dari Sukabumi menuju Bogor (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Mulai Minggu (1/1/2023) fungsional tol bocimi seksi 2 hanya diperuntukan bagi kendaraan arus balik libur natal 2022 dan tahun baru 2023. Tol sepanjang 11,9 kilometer ini berlaku bagi kendaraan dari arah Sukabumi menuju Bogor.

Sesuai arahan Kementerian PUPR masa fungsional tol bocimi seksi 2 Cigombong - Cibadak akan berakhir Senin, 2 Januari 2022. Jalan tol yang belum 100 persen selesai dibangun ini difungsikan sementara sejak 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang untuk mengakomodir arus wisatawan menuju Sukabumi.

Dalam aturannya, dari tanggal 23 hingga 31 Desember 2022 tol Bocimi seksi 2 hanya untuk arus mudik atau dari arah Bogor (Cigombong) menuju Cibadak Sukabumi dengan gerbang interchange di Sundawenang Parungkuda. Selanjutnya selama dua hari 1 dan 2 Januari 2023 tol ini hanya untuk arus balik dari Sundawenang Parungkuda menuju Cigombong.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, CCTV Pantau 13 Titik di Kabupaten Sukabumi Saat Libur Tahun Baru

Selama masa fungsional ini tol bocimi gratis, namun khusus untuk kendaraan gol 1, sedan, jeep dan minibus. Jam operasionalnyapun dibatasi hanya dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB, karena memang belum dilengkapi fasilitas penerangan.

Dalam fungsional sementara ini, kepolisian dan operator tol bocimi seksi 2 juga membatasi kecepatan laju kendaraan, sangat disarankan dibawah 40 km/jam. Demi keselamatan, karena ada perubahan jalur dari jalur A ke B di sto 15 sehingga kendaraan harus berhati-hati dalam melewati jalan tol, jalur Bocimi seksi 2 belum selesai seutuhnya.

Untuk pengamanan, 20 personel gabungan standbye setiap hari di jalur tersebut, termasuk mobil derek untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan seperti kecelakaan dan kendaraan mogok.

Baca Juga: Pagi 2023 Cerah Berawan di Pantai Ujunggenteng Sukabumi, Sepi Kunjungan Wisatawan

Seperti diberitakan sebelumnya, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib mengatakan untuk pelaksanaan kegiatan pengamanan natal dan tahun baru dilakukan di berbagai titik, baik itu jalur darat termasuk pengamanan di jalur wisata.

"Dari jumlah personil pun kita sudah siapkan sekitar 26.300 personil,” ujarnya.

Romin mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan bepergian atau melakukan perayaan natal dan tahun baru agar memperhatikan kesiapan diri.

"Setidaknya masyarakat yang membawa kendaraan dalam keadaan sehat, agar bisa berkonsentrasi dengan baik dan cek dulu kendaraan, jangan sampai kendaraan bermasalah dijalan. Cek dulu mesinnya, masalah remnya, semua peralatan yang ada di kendaraan dicek dulu," paparnya.

Baca Juga: Jajal Tol Bocimi Seksi 2, Wisatawan Luar Kota Datang ke Sukabumi saat Tahun Baru

Romin juga mengingatkan masyarakat sebelum berangkat lebih baik melihat dulu peta digital atau google maps. "Jalur yang akan dilewati ini padat atau tidak, kalau padat bisa dihindari waktunya,” ujarnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT