Sukabumi Update

Fokus Cari Korban, Danau Situgunung Sukabumi Ditutup Pasca Wisatawan Tenggelam

Polisi tutup danau situgunung di Kadudampit Sukabumi untuk mempermudah proses pencarian wisatawan yang tenggelam, Minggu (1/1/20223) (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Danau Situgunung di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat langsung ditutup untuk umum pasca tiga wisatawan tenggelam saat menaiki rakit, Minggu (1/1/2022). Penutupan dilakukan untuk mempermudah proses pencarian seorang wisatawan yang masih dinyatakan hilang, tenggelam.

Pantauan reporter sukabumiupdate.com di lokasi, sekitar pukul 14.00 WIB, arena wisata dana situgunung langsung dipasang garis polisi oleh petugas Polsek Kadudampit. Sejumlah petugas dan relawan pencarian sudah berada di lokasi danau yang berada di desa Sukamanis ini.

Dua rakit dan sejumlah perahu karet sudah berada di danau, melakukan penyisiran awak dibantu oleh warga setempat, khusus para operator rakit wisata. Lokasi pencarian awal difokuskan di tengah danau, titik tenggelamnya tiga wisatawan, yang hingga saat ini belum diketahui identitas dan asalnya.

Baca Juga: Naik Rakit, Tiga Wisatawan Tenggelam di Situgunung Sukabumi Satu Masih Hilang

Belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang terkait hal tersebut, termasuk rencana proses pencarian. Namun apel tim sar gabungan sudah dilakukan, yang diikuti oleh puluhan petugas, termasuk dari kepolisian dan TNI serta elemen lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga wisatawan dilaporkan tenggelam di danau situgunung Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (1/1/2022) . Dua orang berhasil diselamatkan sementara 1 lainnya dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

Laporan pendahuluan dari relawan PMI, menyebutkan kecelakaan wisata ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu sejumlah wisatawan tengah menyusuri danau situ gunung yang berada di Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit.

Baca Juga: 3 Ribu Wisatawan Tunggu Momen Pergantian Tahun di Pantai Karanghawu Sukabumi

"Mereka naik rakit yang memang disewakan untuk menyusuri situgunung," jelas Humas Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Sukabumi Aril Solehudin kepada sukabumiupdate.com, melalui pesan tertulis.

Saat rakit berada ditengah danau, seorang wisatawan terpeleset dan tercebut ke danau. Sejumlah rekan korban langsung melakukan penyelamatan (pertolongan).

"Korban berhasil ditolong, tapi rekannya yang menolong tenggelam. Masih dicari oleh warga dan relawan serta petugas gabungan yang berada di lokasi kejadian," lanjut Aril.

Baca Juga: Seru! Ratusan Rider Kembali Uji Nyali Balap Pasir Pantai di Ujunggenteng Sukabumi

Laporan kejadian wisatawan tenggelam di Situgunung Sukabumi ini juga dijelaskan oleh Camat Kadudampit, Yanti Budiningsih.

"Yang tenggelam 3 orang, 2 orang berhasil dievakyasi dan 1 dibawa ke rumah sakit terdekat. 1 orang wisatawan masih dalam pencarian," jelas Yanti kepada sukabumiupdate.com.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT