Sukabumi Update

Sukabumi Darurat Maling Besi Tutup Selokan, Tukang Rongsok: Rp 14 Ribu per Kg

Dua sejoli beraksi maling besi tutup Selokan di Cibereum Kota Sukabumi (Sumber: cctv)

SUKABUMIUPDATE.com - Kekinian, di Sukabumi sering terjadi aksi pencurian besi tutup selokan, baik punya warga atau fasilitas umum milik pemerintah daerah. Terbaru, dua sejoli mencuri besi penutup selokan di Cibeureum Kota Sukabumi.

Aksi pasangan tersebut, terekam kamera pengawas atau CCTV di Kampung Selaawi RT 02/03, Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi pada Jumat 6 Desember 2023.

Dalam rekaman terlihat seorang laki-laki dan seorang perempuan mengendarai sepeda motor berhenti di pinggir jalan. Laki-laki lalu turun, mencabut besi penutup saluran air dan langsung pergi menggunakan sepeda motor matic warna hitam.

Baca Juga: Warung di Sukabumi Kemalingan, Pelakunya Terekam CCTV Gondol 3 Tabung Elpiji

Sebelumnya, pencurian besi penutup saluran air juga terjadi sejumlah titik di kawasan pedestrian Kota Sukabumi. Hingga Rabu, 23 November 2022 lalu sudah sepuluh besi ukuran 60x60 centimeter dengan berat masing-masing 70 kilogram hilang.

Kesepuluh besi penutup saluran air tersebut semula terpasang di jalur pedestrian Jalan Ahmad Yani, Jalan Surya Kencana, dan Jalan R Syamsudin SH. Plat besi bergambar peta Kota Sukabumi seharga kurang lebih Rp 950 ribu (satu buah) ini pertama kali hilang pada Selasa, 1 November 2022.

"Sudah sepuluh yang hilang. Terbaru 20 November 2022 ada dua yang hilang. Satu di dekat restoran Seoul Little Jalan Ahmad Yani, satu lagi di dekat Indomaret Cikiray," kata kontraktor pelaksana pembangunan pedestrian, perwakilan PT Bachtiar Marpa Prima, Salman.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, CCTV Pantau 13 Titik di Kabupaten Sukabumi Saat Libur Tahun Baru

Sukabumiupdate.com coba mencari tahu harga besi bekas di sejumlah sentra rongsokan yang ada di Sukabumi. Sebut saja Edi, salah seorang bandar rongkosan di Sukabumi menyebut harga besi itu tentatif, sesuai jenis dan ketebalannya, termasuk untuk barang bekas.

Tapi menurut Edi, rata-rata harga besi bekas berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 14 Ribu rupiah per kg.

"Tidak dapat dipatok harganya karena banyak jenis besi dan beda ketebalannya,” beber Edi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (7/1/2023).

Writer: Dion (Magang)

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT