Sukabumi Update

Warga Jayaraksa Sukabumi Protes, Ada Limbah Industri di TPS Padat Penduduk

Limbah industri yang menumpuk di TPS Kampung Cikeong RW 05 Jayaraksa Baros Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Tempat pembuangan sampah atau TPS di Kampung Cikeong, Kelurahan Jayaraksa Kota Sukabumi jadi lokasi buang limbah industri. Warga setempat protes karena TPS bukan peruntukan limbah industri atau pabrik, melainkan untuk sampah rumah tangga dan pemukiman.

Minggu, 8 Desember 2022 warga menemukan berkarung-karung limbah industri di TPS Kampung Cikeong RW 05. Karung tersebut berisi tali plastik yang biasa digunakan untuk pengikat dus, kayu dan lainnya.

Limbah tersebut tak hanya memenuhi TPS bahkan sempat menutup sebagian badan jalan raya. Warga pun merekam keberadaan karung limbah tersebut dan orang yang membuangnya.

Baca Juga: Saringan Sampah Tak Mampu Cegah ‘Ciaul Waterfall' di Jalan Nasional Sukabumi Cianjur

“Sekitar pukul 11.00 WIB, lagi dagang tiba-tiba ada mobil koldogong (bak terbuka) bawa karung banyak terus buang sampah di situ," ungkap Euis pedagang kupat sayur yang kebetulan berada di lokasi kepada sukabumiupdate.com, Minggu.

Euis sempat menegur orang yang membuat limbah industri di TPS pemukiman tersebut.

"Saya tanya amang orang mana? dia menjawab dari tespong, Kenapa buang sampah di sini?" ungkapnya.

Baca Juga: Memecah Persoalan Sampah di Sukabumi dengan Ekonomi Sirkular

Saat itu orang yang membuat karungan limbah industri hanya menjawab lupa dan langsung pergi meninggal lokasi TPS. Menurut Euis ia sempat melihat masih ada karung lainnya yang belum sempat dibuang di TPS Cikeong RW 05.

Kekinian, karung-karung limbah industri itu sudah dibawa oleh para pemulung yang sering mencari barang bekas di tempat sampah.

Writer: Asep Awaludin (Magang)

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT