Sukabumi Update

Rawayan Ciurug, Jembatan Penghubung Kabupaten dan Kota Sukabumi akan Diganti Besi

Jembatan Ciurug di Nyalindung Sukabumi akan diperbaiki (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Rawayan Ciurug, jembatan penghubung Kabupaten dan Kota Sukabumi akan segera dibongkar. Jembatan bambu yang menjadi akses tercepat warga sejumlah kampung di Desa Wangunreja Nyalindung ini menuju Kota Sukabumi, akan diganti besi.

Hal ini diungkap Kades Wangunreja Ali Nurdin diselama gotong royong warga membersihkan jembatan yang melintasi sungai Cimandiri ini, Rabu (11/1/2023). Ali menegaskan jembatan bambu dan kayu ini sudah sangat tua, rawan ambruk sehingga perlu dibangun kembali dengan material yang lebih kuat.

“Ini akses vital, utama ratusan jiwa warga dari sejumlah kampung di Wangunreja menuju Kota Sukabumi melalui Cikeong Jayamekar Baros,” ucap Kades Ali Nurdin.

Baca Juga: Pernah Lewat Sini? Jembatan Legend Penghubung Kota dan Kabupaten Sukabumi

Jembatan dengan panjang hingga 25 meter ini terakhir kali direnovasi tahun 2000. Saat ini walaupun masih digunakan warga, kondisi material (bambu dan kayu) makin lapuk.

“Rencananya akan direnovasi total, menggunakan material besi yang lebih kuat. Supaya warga ciurug dan kampung lainnya lebih aman dan nyaman ketika melewati jembatan ini,” lanjut Ali Nurdin.

Bersama bank bjb, Pemdes Wangunreja Nyalindung Sukabumi perbaiki jembatan CiurugBersama bank bjb, Pemdes Wangunreja Nyalindung Sukabumi perbaiki jembatan Ciurug

Adapun sumber anggarannya, lanjut Ali berasal dari dana CSR Bank BJB dan anggaran dana desa. "Bantuan CSR Bank BJB sebesar Rp 75 juta dan ada tambahan anggaran dana desa sebesar Rp 50 juta, ini silpa atau pagu sisa anggaran tahun kemarin".

Baca Juga: Dinas Perkim Kaji Kondisi Jembatan Putus di Tegalbuleud Sukabumi

Menurut Ali rencana pembangunan ini akan memakan waktu kurang lebih 1 bulan pengerjaan. Akses ini akan ditutup total, selama proses pembangunan warga bisa menggunakan jembatan cicadas hilir.

Puluhan warga Ciurug dan sekitarnya berbondong-bondong mendatangi lokasi saat tahu proses renovasi jembatan segera dimulai. Mereka siap membantu proses pembangunan jembatan baru di lokasi tersebut.

Writer: Asep Awaludin (Magang)

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT