Sukabumi Update

Diduga Selongsong Petasan, Temuan Polisi di Lokasi Ledakan Kebonpedes Sukabumi

Gubuk lokasi ledakan di Kampung Lemburhuma RT 02/12 Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Rabu pagi (11/1/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin membenarkan adanya informasi masyarakat mengenai suara ledakan di Kampung Lemburhuma RT 02/12 Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Rabu pagi (11/1/2023).

"Sampai saat ini informasi tersebut masih kita selidiki. Untuk langkah awal, tadi sudah saya perintahkan Kapolsek Kebonpedes untuk memastikan informasi tersebut dengan mendatangi lokasi sesuai dengan yang diinfokan masyarakat," kata dia melalui keterangan tertulis.

"Setelah dilakukan pengecekan, pihak Polsek Kebonpedes menemukan adanya sebuah gubuk bilik milik warga dalam keadaan sudah terbakar yang berlokasi di kawasan persawahan sehingga langsung dilakukan TPTKP (tindakan pertama di tempat kejadian perkara) dengan memasang police line di sekitar lokasi," imbuh Zainal.

Lanjutnya, "Kami juga menemukan sejumlah selongsong yang diduga selongsong petasan yang sudah diisi tanah cadas kering dan beberapa hal lainnya serta setengah karung tanah cadas kering di lokasi," lanjutnya. "Terkait hal ini, kami akan tetap melaksanakan kegiatan penyelidikan lebih lanjut, melakukan olah TKP dan mencari saksi maupun informasi dari warga sekitar," kata Zainal.

Baca Juga: Ditemukan Petasan, Ledakan Hancurkan Gubuk di Kebonpedes Sukabumi

Zainal juga mengatakan jajarannya telah melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap potensi gangguan kamtibmas yang diakibatkan bahaya petasan, salah satunya dengan mengimbau masyarakat, khususnya para perajin untuk tidak membuat, memperjualbelikan, bahkan membakar petasan,  dan beralih profesi dengan membuat usaha mandiri, baik di bidang peternakan, perikanan, dan UMKM.

"Kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, mari kita jaga dan wujudkan kondusifitas kamtibmas di Sukabumi. Bila memang ada masyarakat yang menemukan potensi gangguan kamtibmas atau mempunyai informasi seputar kamtibmas bisa menyampaikannya kepada pihak kepolisian terdekat atau melalui program Bebeja Ka Polres yang sudah kami lengkapi WhatsApp di 082126054961 atau melalui akun medsos kami di Instagram, Facebook, maupun Twitter," ujar Zainal.

Ledakan terjadi di Kampung Lemburhuma RT 02/12 Desa Bojongsawah. Akibatnya, bangunan gubuk yang terbuat dari bambu dan menjadi tempat ledakan, hancur.

Gubuk tersebut ada di sekitar pinggir sawah. Belum diketahui pasti dari mana sumber ledakan dan apa penyebabnya. Namun, di lokasi gubuk ditemukan sejumlah petasan korek baik yang masih terikat maupun berserakan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT