Sukabumi Update

Mangsa 7 Ayam! Dua Kali Diteror Ular Piton dalam Sebulan, Warga Sukabumi Was-was

Regu satwa, Damkar Kota Sukabumi evakuasi ular sanca besar dari kandang ayam di jalan Kabandungan Salabatu (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Hanya berselang sebulan, ular sanca atau piton kembali memakan ayam peliharaan warga di Parungseah Kecamatan/Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kamis pagi (12/1/2023) ular sanca ukuran besar kembali kepergok warga tengah berada di dalam kandang ayam.

Seekor ayam ditemukan masih berada di dalam mulut piton dengan panjang kurang lebih 3 meter tersebut. Ular kemudian dievakuasi regu satwa Damkar Kota Sukabumi yang datang setelah menerima laporan.

Lokasi temuan berada di perbatasan kota dan kabupaten Sukabumi, hanya terpisah jalan Kabandungan.

Baca Juga: Ibu: Alprih Dipatuk Baby King Cobra Saat Nobar Final Pildun di Gang Lipur Sukabumi

Ini adalah kali kedua , warga RT 01/11 Kabandungan Parungseah memergoki ular di kandang ayam. Sebelumnya, Jumat pagi, 9 Desember 2022 ular dengan berat kurang lebih 15 kilogram dan panjang sekitar 3 meter, tengah makan 4 ekor ayam di kandang milik warga.

Saat itu ular juga dievakuasi oleh tim damkar Kota Sukabumi. Dengan dua kali kejadian ini, warga menduga sarang sanca tak jauh dari lokasi kedua kandang ayam yang hanya berjarak kurang lebih 10 meter tersebut.

Ukuran kedua ekor ular ini tidak jauh berbeda, sama-sama panjang dan besar. “Yang ditemukan hari ini sedikit lebih besar dari yang sebelumnya,” jelas jelas Sri Mulyati, warga Kabandungan.

Baca Juga: Nekat, Bocil di Sukabumi Tangkap Ular Kobra Dengan Tangan Kosong di Kuburan

“Total sudah 7 ekor ayam warga hilang, 5 ditemukan di dalam perut dua ular sanca yang ditangkap,” lanjut Sri Mulyati.

Warga mulai curiga dengan tebing sungai yang tak jauh dari lokasi kandang ayam yang yang disatroni kedua ular sanca tersebut. “Dibawah itu ada aliran sungai kecil, banyak lubang dan rongga di tebing sungainya. Kami duga itu sarang ular-ular ini,” lanjut Sri Mulyani.

Dugaan ini diperkuat dengan kesaksian beberapa warga yang sempat melihat ular sanca di aliran sungai kecil di belakang pemukiman. Warga berharap ada petugas atau relawan yang mau menyisir lokasi tersebut, dan menemukan ular-ular yang di lokasi sarang itu.

Baca Juga: Ular Sanca Kabur Terekam CCTV, Warga Bantarpanjang Sukabumi Waswas

“Kita berharap ada yang mau bantu menyisir tebing sungai, dan menangkap ular-ular dan memindahkan ke lokasi yang jauh dari pemukiman. Karena ukurannya besar-besar dan kami khawatir malah nanti menyerang warga,” bebernya.

Writer: Dion (Magang)

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT