Sukabumi Update

Irigasi Longsor, 50 Hektar Sawah di Warungkiara Sukabumi Terancam Gagal Panen

Kondisi saluran irigasi di Kampung Tarisi RT 03 RW 04 Desa Tarisi, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi yang longsor. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Saluran Irigasi di Kampung Tarisi RT 03 RW 04 Desa Tarisi, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi alami longsor pada Kamis 12 Januari 2023 tengah malam sekitar pukul 00.00 WIB. Dampaknya sekitar 50 hektar areal persawahan di wilayah tersebut terancam gagal panen.

"Curah hujan awal Januari 2023 yang cukup tinggi di Kecamatan Warungkiara mengakibatkan saluran irigasi terbawa longsor," ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Warungkiara Yudi Ridwan dalam laporannya.

Menurut Yudi, saluran irigasi yang diterjang longsor itu sepanjang 20 meter dengan ketinggian 6 meter dan hampir 200 meter panjang saluran terdampak pergerakan tanah.

Tidak ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun peristiwa itu dapat mengakibatkan hampir 50 hektar areal pesawahan warga gagal panen dan warga pengguna air irigasi sangat terganggu.

Baca Juga: Hendak Pasang Saluran Internet, Pria di Sukabumi Tak Sadarkan Diri Usai Tersengat Listrik

Yudi menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi bersama perangkat Desa/Kecamatan, Koramil, Polsek, Satpol PP. Selain itu melakukan pendataan dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Hal ini, lanjut dia, disebabkan kondisi saat ini mengingat curah hujan cukup tinggi yang dapat mengakibatkan banjir dan longsor. Ia menerangkan kebutuhan di lapangan yakni material boronjong dan karung untuk pembuatan tanggul.

Yudi menambahkan, kondisi mutakhir di lapangan yakni saluran irigasi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari oleh masyarakat dan lebih dari 50 hektare sawah sampai saat ini tidak bisa dialiri air. Sehingga membutuhkan penanganan dengan cepat dari sejumlah instansi terkait.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT