Sukabumi Update

Jalan Alternatif Pantai Palabuhanratu Sukabumi Amblas Lagi, Ini Respons Dinas PU

Jalan alternatif Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, yang amblas. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umun (PU) Kabupaten Sukabumi segera melakukan perbaikan jalan jalur alternatif menuju kawasan wisata pantai Palabuhanratu, yang kembali amblas dan retak.

Jalur alternatif yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kampung Gunungsumping, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, itu amblas kembali dengan panjang sekitar 20 meter serta kedalaman sekitar 60 sentimeter dan lebar 5 meter.

"Perbaikan jalan amblas itu sudah kami usulkan untuk program tahun ini. Metode pengerjaannya akan dilakukan secara menyeluruh. Terutama perbaikan pada saluran air yang menjadi penyebab jalan sering amblas di lokasi itu," kata Kepala UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi, Senin, 16 Januari 2023.

Baca Juga: Gak Perlu Golput! Jalan Rusak di Berekah Sukabumi Bakal Dibeton Dinas PU

Edi mengatakan sebelum libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Dinas PU telah berupaya melakukan perbaikan jalan amblas dengan cara pengurukan dan penambalan. Namun, akibat sering diguyur hujan selama beberapa hari, jalan tersebut kembali amblas.

"Kebutuhan anggaran perbaikan jalan amblas sudah dihitung tim teknis dari UPTD. Bahkan, hasilnya sudah diajukan ke Dinas PU untuk dimasukkan pada program kegiatan tahun ini. Idealnya memang ruas Jalan Jenderal Sudirman itu dirabat beton. Termasuk bagian bahu jalan juga dibetonisasi. Sehingga, umur teknis jalan lebih awet dan tahan ambles akibat guyuran hujan," ujar Edi.

Baca Juga: Dinas PU Kabupaten Sukabumi Perbaiki Jalan Rusak di Wilayah UPTD Jampangkulon

Edi mengaku akan terus mengawal usulan perbaikan jalan yang amblas tersebut agar bisa segera diperbaiki.

"Mudah-mudahan bisa menjadi skala prioritas. Karena jalan itu merupakan akses vital bagi masyarakat umum dan PNS yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat," kata Edi.

Untuk diketahui, selain sebagai jalur alternatif menuju pantai Palabuhanratu, jalan tersebut juga adalah akses menuju komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan DPRD Kabupaten Sukabumi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT