TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

50 PJUTS Baru Terangi Jalanan Kota Sukabumi, Fahmi: Memberi Energi Positif

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri peresmian dan serah terima PJUTS di Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Jumat (20/1/2023). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri peresmian dan serah terima lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Kota Sukabumi. Adapun peresmian dilaksanakan di Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jumat (20/1/2023).

Mengutip Instagram @dokpimkotasukabumi, keberadaan PJUTS memberikan energi positif bagi warga Kota Sukabumi karena suasana jalan menjadi terang.

Dalam momen peresmian tersebut hadir pula Anggota Komisi VII DPR RI Ribka Tjiptaning dan Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) atau Ditjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Hendra Iswahyudi.

Baca Juga: Dampingi Fahmi, Dinsos Kota Sukabumi Bantu Warga yang Rumahnya Rusak

Berdasarkan data, pada 2022 ada 125 unit PJUTS di Sukabumi yang dibangun Kementerian ESDM yakni 50 unit Kota Sukabumi dan 75 Kabupaten Sukabumi. ''Suasana yang terang adalah simbol produktivitas dan kebaikan, sebaliknya suasana gelap simbol keburukan,'' ujar Wali Kota Sukabumi.

Fahmi mengatakan pemerintah daerah dan DPRD melakukan penataan kota, salah satunya lampu penerangan supaya hadir energi positif. Namun dengan keterbatasan, belum seluruh jalan mendapatkan situasi terang. ''Alhamdulillah dengan fasilitasi anggota DPR RI dan Kementerian ESDM, membangun PJUTS di 50 titik,'' kata Fahmi.

Diketahui, pada tahap pertama 2021 ada 25 titik PJUTS di Kota Sukabumi dan pada 2022 naik 50 titik, serta berharap pada tahun 2023 kembali naik.

Baca Juga: Bertemu Fahmi, 300 Juru Parkir di Kota Sukabumi Hasilkan Rp 1,5 Miliar pada 2022

Secara khusus, kata Fahmi, Pemkot Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Ribka Tjiptaning yang telah memberikan kontribusinya. Ia menuturkan dengan teknologi baru ini maka PJU bisa bertahan lama dan tingkat keterangan lebih baik dan perbaikannya lebih mudah.

Berharap dengan 50 PJUTS tersebar, lanjut Fahmi, mampu memberikan energi positif di Kota Sukabumi. Ke depan, mudah-mudahan Kementerian ESDM pada 2023 memberikan alokasi PJUTS lebih banyak.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT