TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Gebyar Five Matrix, Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Bicara Keterampilan Siswa

Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Mohammad Hasan Asari menghadiri pembukaan Gebyar Five Matrix di SMPN 5 Kota Sukabumi pada Jumat, 20 Januari 2023. | Foto: SU/Saddam/Magang

SUKABUMIUPDATE.com - Pembukaan Gebyar Five Matrix di SMPN 5 Kota Sukabumi pada Jumat, 20 Januari 2023, berlangsung meriah dan mendapat antusias tinggi dari seluruh pihak sekolah. Berbagai acara ditampilkan pada upacara pembukaan ini seperti fashion show, penampilan dari paduan suara sekolah, dan penampilan tarian daerah yang ditampilkan perwakilan siswa SMPN 5 Kota Sukabumi.

Pada pembukaan tersebut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Mohammad Hasan Asari dan memberikan sambutannya.

Dalam sambutannya, Hasan mengatakan Gebyar Five Matrix merupakan acara yang rileks dan santai sehingga para siswa bisa bebas dan terarah dalam menampilkan keterampilannya. Dia juga memberikan amanat bahwa dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter dan bisa mandiri di kemudian hari, perlu kerja sama yang melibatkan orang tua dan sekolah dengan berbagai program dan kurikulumnya.

Baca Juga: Disdikbud Kota Sukabumi Gandeng Tenaga Ahli Bangunan untuk Update Dapodik

Tidak hanya melalui upaya fisik dan pikir yang mendorong siswa mempunyai keterampilan dan kompetensi, doa guru dan orang tua sebagai pendekatan spiritual juga diperlukan.

"Saya diundang dalam rangka membuka kegiatan di SMPN 5 Kota Sukabumi yang disebut dengan project profil penguatan pelajar Pancasila, yang salah satu kegiatannya adalah gelar karya. Jadi di kurikulum merdeka itu ada salah satu program yang dinamakan project profil penguatan pelajar Pancasila yang menampilkan kemampuan anak-anak dari mulai seni, budaya, tari, sains, olahraga, dan sebagainya. Semua itu difasilitasi oleh sekolah sehingga anak-anak berkesempatan untuk menampilkan kemampuan dan kehebatannya," kata Hasan kepada sukabumiupdate.com.

Hasan berharap dengan diberikannya kenyamanan, keinginan mewujudkan anak-anak yang berkarakter akan tersampaikan dan mereka bisa merasakan kesejahteraan.

“Acara ini bisa menjadi bagian yang terus didorong secara rutin dengan meningkatkan potensi-potensi yang ada, digali terus. Seni, sains, dan akhlak harus ditanamkan setiap saat, di samping itu, sambil memberikan suasana yang nyaman sehingga hal-hal yang tidak diharapkan seperti bullying, body shaming, kata-kata kasar bisa kita hindari dengan penampilan-penampilan berbagai karya seni, hal ini juga bisa ditiru dan dilanjutkan dari waktu ke waktu," kata Hasan.

Ketua Pelaksana Gebyar Five Matrix Dadan Mulyadansyah mengatakan, sesuai dengan tema BARAYA SPANMA CEKAS NGAGAYA, acara ini menampilkan kreativitas siswa dan guru. Acara yang sudah dilaksanakan sebanyak 16 kali ini tidak hanya melibatkan pihak internal sekolah, tetapi juga melibatkan pihak luar dengan mengadakan perlombaan pramuka, futsal, volley, pencak silat, tari jaipong, dan olimpiade dengan mata pelajaran matematika, IPA, dan IPS untuk tingkatan SD sederajat. Sementara untuk tingkatan TK, diadakan lomba pramuka.

“Alasan diselenggarakannya acara ini adalah menjalin silaturahmi antar warga sekolah dan orang tua siswa. Kedua, ingin melihat bakat dan minat para siswa secara internal SMPN 5 Kota Sukabumi dan secara eksternal dengan melibatkan sekolah lain, yang terakhir, menampilkan bakat minat di acara puncak pada tanggal 30 dan 31 Januari nanti," ujar Dadan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT