Sukabumi Update

Pinjam Golok Orang Lain, Viral Atraksi Debus di Sukabumi Berujung Luka

Pemian debus di Sukabumi terluka gara-gara pinjam golok orang lain (Sumber: potongan video viral)

SUKABUMIUPDATE.com - Video pemain debus di Sukabumi terluka saat atraksi golok viral di media sosial. Insiden ini terjadi Sabtu, 28 Januari 2023 di salah satu pesantren yang ada di Gunungpuyuh Kota Sukabumi Jawa Barat.

Dalam rekaman video yang beredar di aplikasi whatsapp warga Sukabumi, terlihat seorang pria (pemain debus) awalnya aman-aman saja. Awalnya dia menunjukan golok yang ditebaskan ke batang daun pisang, yang langsung putus sekali tebas.

Atraksi berlanjut dengan aksi tebas bagian tubuh. Semuanya aman kecuali saat golok ditebaskan ke bagian kaki kanan. Tiba-tiba pemain debus itu terhenti, langsung menutup kaki yang terluka, dan langsung mundur ke belakang.

Baca Juga: Mahasiswi Universitas Nusa Putra Sukabumi Raih Juara 2 Kejurnas Pencak Silat

Pertunjukan debus dalam rangka perayaan hari jadi pondok pesantren, memang dimeriahkan banyak acara, salah satunya atraksi debus.

Pelatih Silat Maung Bodas Sukabumi Asep Zenal Malik mengatakan, bahwa sejatinya pemain yang terluka tak termasuk dalam lakon pertunjukan.

"Ketika dia tampil ada kejadian yang tidak diharapkan. Sebenarnya itu bukan panggung dia, namun karena ingin tampil ia menggunakan senjata yang bukan pegangannya. Senjata itu punya pelatih, kang Icut Matugeni. Jadi memang bukan pegangan beliau," kata Asep.

Baca Juga: Mainnya dengan Golok Hingga Ular, Mengenal Gadis Pemain Debus Asal Nagrak Sukabumi

Asep menyebut sebenarnya sudah tidak diizinkan tampil dengan senjata orang lain. Namun pria tersebut tetap memaksa dengan alasan semua golok sama saja.

"Golok itu gak diijinkan sama pak Icut Matugeni, hanya dia memaksa karena merasa bisa mengendalikannya senjata tersebut. Sebenarnya juga kalau acara-acara yang seperti itu harus senjata pegangan sendiri, bukan punya orang lain," tuturnya.

"Atau pemain memang sudah benar-benar menguasai senjata lain walaupun bukan pegangannya. Atraksi kolaborasi tanpa perencanaan," sambung Asep.

Baca Juga: Pengrajin Pedang dan Golok Khas Cibatu Kabupaten Sukabumi

Pelatih lainnya Icut Matugeni mengatakan luka yang dialami pemain debus itu tidak terlalu parah. Ada dua luka sobek di kaki akibat sabetan golok, juga luga gores kecil ditangan.

"Memang lukanya lumayan parah, tapi InsyaAllah sudah bisa diatasi, dengan ramuan hasil pak kyai juga alhamdulillah darahnya bisa langsung terhenti, dan terutama yang di tangan itu udah langsung kering," ujarnya.

"Tinggal yang di kaki karena sedikit dalam, InsyaAllah itu gak bakalan apa-apa, mudah-mudahan aja tidak perlu ke rumah sakit. Yang jelas kami sudah melakukan pertolongan pertama dengan membalurkan ramuan ciptaan pak kyai,Kemudian dibalut dan tadi juga langsung bisa jalan lagi alhamdulillah," jelasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT