Sukabumi Update

Direkam Warga, Penampakan Buaya Besar Penunggu Situ Cikalapa di Surade Sukabumi

Direkam warga, buaya besar tengah berjemur dipinggiran situ cikalapa, danau yang berada dekat pesisir laut di Surade Sukabumi (Sumber: potongan video viral)

SUKABUMIUPDATE.com - Desas desus soal keberadaan buaya besar di Situ Cikalapa yang yang berada di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi akhirnya terjawab. Pengunjung diminta hati-hari karena buaya besar itu memang ada dan penampakannya berhasil direkam oleh warga.

Dibalik keindahan Situ Cikalapa atau juga disebut situ Habibi di Kampung Pasir Kaung RT 20/006 Kedusunan Cimandala 3 Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, menyimpan banyak cerita. Salah satunya kisah buaya besar penunggu kawasan berair yang berupakan hilir aliran sungai habibi, dan hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari bibir pantai Ratu Cimandala.

"Kemunculan buaya di Situ Cikalapa sudah terdengar sejak tiga tahun lalu. Saat itu ada warga yang cari ikan malam hari di Muara Cikalapa. Dia melihat ada cahaya bergerak perlahan diatas. Warga itu meyakini itu 2 ekor anak buaya," ujar Deris, Kepala Dusun Cimandala kepada sukabumiupdate.com, Minggu (29/1/3023).

Baca Juga: Situ Cikalapa, Danau Eksotis yang Tak Jauh dari Bibir Pantai Ratu Cimandala Surade Sukabumi

Selanjutnya kata Deris, banyak warga yang saat lewat jembatan dekat muara, atau nelayan yang mau ke Pantai Ratu Cimandala, melihat kemunculan buaya itu, khususnya pada malam hari.

Situ Cikalapa adalah danau yang berada di bibir pantai. Air danau berasal dari sungai Gunting. Dikawasan itu masih cukup banyak pepohon besar, terutama di kawasan hutan rakyat Blok Batu Bokor, Cikalapa, dan Blok Gunting.

"Kesini kabar kemunculan buaya semakin santer. Warga laporan 2 ekor domba yang hilang dan pemiliknya melihat peliharaanya itu dimangsa buaya," jelas Deris.

Baca Juga: Pantai Ratumandala, Keindahan Tersembunyi di Selatan Kabupaten Sukabumi

Akhirnya kabar tersebut terbukti. Sabtu petang 28 Januari 2023, tiga orang warga yang tengah berburu burung di sekitar Situ Cikalapa melihat penampangan predator tersebut, tengah berjemur dipinggiran danau.

Mereka melihat buaya besar dengan panjang lebih dari dua meter dan merekamnya menggunakan kamera ponsel.

Video tersebut kemudian cepat tersebar di kalangan warga pesisir Sukabumi, khususnya Surade. Deris menyebut dari kesaksian warga, diperkirakan ada 3 ekor buaya besar di Situ Cikalapa. Bahkan ada yang sudah diberi nama oleh warga setempat dengan sebutan si Cantik.

Baca Juga: Menelusuri Cerita Turun-temurun Soal Diduga Harimau di Hutan Surade Sukabumi

Deris menegaskan pihak masih berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait keberadaan buaya besar di Situ Cikalapa. Ini karena danau tersebut sering digunakan warga, untuk mencari ikan atau kegiatan lain seperti wisata.

Belum diketahui jenis dari buaya penunggu Situ Cikalapa atau Situ Habibi di Surade. Namun dari sisik dan ukuran, diperkirakan jenis buaya muara.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT